Jadi Plt PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin Akan Kebut Penyerapan Anggaran

Iklan Semua Halaman

.

Jadi Plt PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin Akan Kebut Penyerapan Anggaran

Sku Metropolitan
Rabu, 27 September 2017
Bekasi, Metro
Penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, dirangkap sementara oleh kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi, Daryanto setelah mengantikan Adang Sutrisno pada bulan agustus lalu, tanpaknya belum mampu membuat Dinas tersebut stabil.

Dinas PUPR Kabupaten Bekasi yang terbelit dengan masalah kasus Proyek Jembatan Muara Gembong, pemindahan tiang listri kalimalang dan lain sebagainya yang secara psikologi mempengaruhi kinerja para pegawai. Apalagi  telihat kisrunya  poses lelang kegiatan yang ada diunit layanan Pengadaan (ULP) yang mengalami banyak penundaan beberapa kali, lantaran di duga ada intervensi dan tekanan dari oknum oknum tertentu.
Melihat sederet persoalan tersebut dan mengejar target serapan yang tinggi, tentu dibutuhkan orang yang tepat , sarat dengan pengalaman dan memiliki integritas yang tinggi  untuk melaksanakan fungsi dan tugas di Dinas PUPR Kabupaten Bekasi. Hingga menunjuk Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, H Jamaludin.

Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, H.Uju mengungkapkan soal penunjukan Jamaludin menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dinas PUPR, yang menggantikan Daryanto.
Penunjukan jamaludin sendiri, kata Uju, merupakan keinginan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, agar proses pelaksanaan kegiatan bisa berjalan cepat dan tepat waktu sesuai rencana. "Paling tidak serapan anggaran bisa terlaksana dan ada peningkatan sampai akhir September dibawah pimpinan Pak Jamaludin yang ditunjuk sebagai Plt Dinas PUPR," katanya kepada awak media Senin (25/9/2017).

Terang Uju, dengan pengalaman yang dimiliki Jamaludin pernah menjabat sebagai Kadis DBMPSDA, Bupati Bekasi menunjuknya dan segera untuk melakukan konsolidasi terhadap seluruh perangkat yang ada di jajaran PUPR untuk segera membuat perencanaan yang lebih matang.
Disinggung soal pelantikan resmi sebagai Plt, tambah Uju, Tidak ada pelantikan apapun. Sekarang Jamaludin sudah ditunjuk dan sudah mulai bekerja cepat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum maksimal. "Pak Jamaludin itu berpengalaman pernah menjadi Kepala Dinas Binamarga Pengairan Dan Sumber Daya Air (DBMPSDA) Kabupaten Bekasi dan sudah sangat tepat Bupati menunjuknya jadi Plt," jelasnya.     
               
Terpisah saat ditemuin di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi Jamaludin membenarkan Surat Keputusan (SK) soal dirinya menjadi Plt PUPR Kabupaten Bekasi ditunjuk Neneng menggantikan Daryanto, yang sebelumnya menjabat Plt Dinas PUPR telah diterimanya sejak Rabu Lalu (20/9/2017). "Soal itu (penunjukan dirinya jadi Plt PUPR, Red) memang benar. Itu sudah turun SK-nya dan saya memang siap (menjalankan tugas tersebut, Red)," ujarnya, Senin (25/9/2017).

Disinggung soal penyerapan anggaran yang masih minim di Dinas PUPR hingga September 2017 ini, bakal dia kebut. "Kita sudah beberapa rapat dan siapkan strategi dengan tim di PUPR. Ya minimal 75 persen anggaran di 2017 ini bisa terserap," terangnya. "Ya pokoknya soal serapan anggaran kita semampunya saja. Soalnya kalau harus mencapai 100 persen terserap dengan waktu segini (4 bulan lagi)  imposible (tidak mungkin ) apalagi kondisinya kayak begini," sambung jamaludin yang juga merangkap menjadi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi.

Jelas dia, target 70-75 % (persen)  terserap itu memang telah dirembukkan pihaknya. "Ya target 70 persen hingga 75 persen itu dengan kondisi seperti ini sudah bagus. Kita usahakan. Bagi program yang tak terserap tahun ini ya dianggarkan lagi di tahun depan," jelasnya. (Acep)