Kegiatan Pembangunan di Desa Gayam

Iklan Semua Halaman

.

Kegiatan Pembangunan di Desa Gayam

Sku Metropolitan
Jumat, 22 September 2017

Ngawi, METRO
Desa Gayam, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi masih banyak memiliki jalan-jalan di wilayah dusunnya dalam kondisi kurang baik, bila di musim penghujan jalan protokol maupun jalan ekonomi tersebut licin dan becek, sehingga sangat mengganggu para pengguna jalan, khususnya warga masyarakat dan pada musim kemarau menimbulkan debu jika dilewati kendaraan bermotor. Hingga pada akhirnya, Pemerintah Desa Gayam, Kecamatan Kendal setelah melalui Musrembangdes dengan BPD, LMD, Perangkat Desa dan para tokoh masyarakat bersepakat untuk memfokuskan pembangunan pada tahun ini, membangun rabat jalan dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2017, antara lain membangun rabat jalan di Dusun Kepuh dengan anggaran dari DD sebesar Rp. 105.000.000,- lalu membangun rabat jalan Dusun Gayam – Muning dengan anggaran sebesar Rp. 90.000.000,- dari DD, rabat jalan Dusun Bulak dengan anggaran sebesar Rp. 60.000.000,- dari anggaran DD, rabat jalan Dusun Gayam sebesar Rp. 30.000.000,- dari anggaran DD, dan rabat jalan Dusun Munggur dengan anggaran sebesar Rp. 300.000.000,- dari Dana Desa.

Selain itu juga membangun Talud Penahan Tanah di Dusun Kepuh Potorono dengan anggaran sebesar Rp. 70.000.000,- dari anggaran DD, kemudian membangun Talud Penahan Tanah di Dusun Munggur dengan anggaran sebesar Rp. 60.000.000,- dari anggaran ADD dan membangun Talud Penahan Tanah di Dusun Muning dengan anggaran sebesar Rp. 70.000.000,- berasal dari anggaran DD.

Menurut, Ketua TPK (Tim Pengelola Kegiatan) Pembangunan Desa Gayam, Sukarno, mengatakan bahwa masih banyak jalan protokol desa dan jalan ekonomi di Desa Gayam yang belum dibangun, maka dengan adanya bantuan dana pembangunan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang digelontorkan, Pemerintah Desa Gayam akan melakukan pembangunan rabat jalan secara bertahap. (14/9).

Lanjutnya, “Kita sebagai Tim Pengelola Kegiatan mengerjakan semua proyek pembangunan, khususnya rabat jalan ini sesuai dengan RAP (Rencana Anggaran Pembangunan) yang telah diajukan, sehingga dikemudian hari, jika ada pemeriksaan, bisa dipertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan masalah dengan BPK dan Inspektorat Kabupaten Ngawi, Mas.”

Kepala Desa Gayam, Kecamatan Kendal, Sunar saat dikonfirmasi oleh Tim Metropolitan di Kantor Desanya, mengatakan bahwa segala bentuk pembangunan yang sedang dikerjakan di Desa Gayam, Kecamatan Kendal ini telah dibagi menjadi 4 TPK sesuai dengan Perda dan Perbup yang ada, sehingga pembangunan di segala bidang bisa terwujud dengan baik. Semuanya itu tak lepas dari kekompakan, kebersamaan dan guyub rukun antara perangkat, tokoh masyarakat, warga masyarakat yang sama-sama memiliki beban untuk memajukan pembangunan di desanya.


“Harapan kedepannya, saya sebagai Kepala Desa Gayam agar masyarakat bisa menikmati hasil-hasil pembangunan dengan membawa efek positif yakni peningkatan dalam segi perokonomian dan kesejaheraan hidup warga masyarakat, Mas. Selain itu, saya sebagai wakil dari Pemerintah Desa Gayam, Kecamatan Kendal mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan dana pembangunan bagi Desa Gayam, sehingga Desa Gayam bisa membangun dan terus membangun mengejar percepatan pemerataan pembangunan di kawasan perdesaan tertinggal yang menjadi perwujudan program nasional pemerintahan Jokowi-Kalla untuk desa-desa,” pungkas Sunar, Kepala Desa Gayam, Kecamatan Kendal. (Zainal)