Manfaat Irigasi untuk Pertanian

Iklan Semua Halaman

.

Manfaat Irigasi untuk Pertanian

Sku Metropolitan
Sabtu, 30 September 2017

Tulungagung, Metro
Fungsi irigasi pada prinsipnya adalah untuk menambah kekurangan air pada lahan pertanian yang diperoleh dari air hujan atau air tanah, karena jumlah air yang diberikan kepada tanaman tidak mencukupi.

Dengan adanya irigasi maka pemasokan air untuk lahan pertanian akan terpenuhi, petani menjadi semakin mudah dalam mengolah lahan pertanian mereka dan tidak takut kekurangan air dan jika penambahan air melalui irigasi tidak dilakukan, maka pertumbuhan tanaman tidak akan optimal dan tidak akan menghasilkan panen sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas perumahan, kawasan pemukiman dan sumber daya air (PPSDA) Kabupaten Tulungagng, Sudarto melalui Kepala Bidang pembangunan dan pengembangan sumber daya air, NurKodik Kepada Metropolitan Selasa, (26/9/2017).

NurKodik mengatakan, “tujuan irigasi pada suatu daerah adalah upaya untuk menyediakan dan pengaturan air untuk menunjang kegiatan pertanian dari sumber air ke daerah yang memerlukan dan mendistribusikan secara teknis dan sistematis”. Ungkapnya.

Ia menambahkan, “saat ini Dinas PPSDA Kabupaten Tulungagung tengah merehabilitasi DAM di Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru, dan diharapkan dapat mengairi persawahan seluas 150 hektar yang ada di Desa Batokan, Mojoagung dan Banjarsari,” Katanya.

Dengan dibangunnya rehabilitasi dan di desa Mojoagung disambut gembira oleh para petani, pasalnya selama ini para petani di ketiga Desa tersebut hanya bisa bercocok tanam padi satu kali dalam setahun, namun dengan selesainya pembangunan DAM tersebut para petani bisa menanam padi dua kali hingga tiga kali dalam satu tahun sehingga ketahanan pangan akan terwujud dan kesejahteraan para petani akan meningkat (sar/jon).