Pembentukan Kampung KB Desa Muara Seberang berjalan dengan Sukses

Iklan Semua Halaman

.

Pembentukan Kampung KB Desa Muara Seberang berjalan dengan Sukses

Sku Metropolitan
Sabtu, 30 September 2017


Tanjab Barat, Metro
Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sebagai dasar pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana menekan kewenangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk  tidak memfokuskan pada masalah Pengendalian Penduduk saja namun masalah Pembangunan Keluarga Berencana juga.

 Dalam rangka penguatan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2015-2019, diharapkan BKKBN untuk dapat menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran.  Untuk  secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat, dalam hal ini BKKBN membentuk Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB).

Pembentukan Kampung KB yang dilaksanakan di Desa Muara Seberang Kecamatan Muara Seberang (6/9) berlangsung dengan baik, turut hadir dalam pelaksanaan tersebut ibu kepala Dinas P3AP2KB, Pak Camat, lurah, Kades, Babinsa, Toga, Toma, ibu ketua Tp-PKK Kec. Kader RT dan masyarakat setempat.

Merupakan salah satu contoh dalam pelaksanaan program KKBPK dengan melibatkan seluruh Bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerja sama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (Rw/Rt).

Saat ditemui Camat Seberang Kota Wahyudi, S.Sos. mengatakan “Pembentukan Kampung KB sebagai salah satu upaya penguatan program yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.” Tegasnya.

“Dengan terbentuknya Kampung KB Desa Muara Seberang ini, kita bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan peserta KB dan juga Meningkatkan kualitas sekolah penduduk usia sekolah.” Ujar Kades Muara Seberang Sahwani saat ditemui.

Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan.  Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.(Johari)