Pemerintah Desa Pocol Adakan Malam Resepsi Dalam Rangka HUT RI Ke- 72

Iklan Semua Halaman

.

Pemerintah Desa Pocol Adakan Malam Resepsi Dalam Rangka HUT RI Ke- 72

Sku Metropolitan
Sabtu, 09 September 2017


Ngawi, METRO
Di bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi warga desa Pocol, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Dimana segenap masyarakat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia. Yang mana, seluruh warga desa Pocol, Kecamatan Sine mengadakan acara Malam Resepsi Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, di halaman Kantor Desa Pocol, Kecamatan Sine, Minggu, 27 Agustus 2016, dimulai sekitar jam 20.00 wib hingga selesainya. Malam Resepsi tersebut sebagai Acara Puncak dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, yang mana sebelumnya, pada tanggal 17 Agustus 2017, Pemerintah Desa Pocol bersama seluruh warga masyarakat mengadakan upacara bendera di halaman Kantor Desa Pocol kemudian dilanjutkan dengan perlombaan volly putra dan putri antar RT.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua BPD bersama seluruh anggotanya, Ketua LPMD bersama seluruh anggota, Seluruh perangkat desa, Ketua RT dan RW serta seluruh masyarakat yang ada di Desa Pocol, Kecamatan Sine. Terlihat, warga desa berbondong-bondong antusias ikut mengikuti acara demi acara hingga purnanya.

Awal acara disuguhkan kesenian Reog “Singo Lawu” dari Desa Pocol, dilanjutkan dengan penampilan gerak dan nada dari Adik  Sita dan kawan-kawan dari RT 09, kemudian penampilan Adik Sekarwangi dan kawan-kawan dari RT 02 dan juga Ibu-Ibu dari RT 07, RT 08 mempersembahkan lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah dengan diringi alat musik tradisional.

Tiba dalam inti acara, Pembacaan Ayat Suci Al’Quran oleh Adik Mita, kemudian dilanjutkan Prakata dari Ketua Panitia, Abdul Rokhim. Dalam prakatanya, Ketua Panitia Penyelenggara, Abdul Rokhim mengatakan dengan penuh semangat dan berkobar-kobar,”Kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa haral rintangan apapun. Saya sangat bangga menjadi warga Desa Pocol, karena seluruh masyarakatnya mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi dengan dibuktikan seluruh warga desa, baik tua maupun muda sangat bersemangat mengikuti Upacara  17 Agustus 2017 di halaman Kantor Desa Pocol. Bahwasanya nuansa kebersamaan, gotong royong, rasa persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat dan Pemerintah Desa sungguh terlihat nyata.”

Kepala Desa Pocol, Kecamatan Sine, Uswatun Hasanah, memberikan sambutan, ”Kegiatan seperti ini merupakan bagian dari bidang pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, gotong-royong, persatuan dan kesatuan serta guyub rukun dan kekompakan diantara perangkat desa dengan masyarakat dalam rangka menyukseskan pembangunan di Desa Pocol, Kecamatan Sine ini, Mas.” Tuturnya.

Tambahnya, “Saya bercita-cita, Desa Pocol bisa menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lain di Kecamatan Sine, pada khususnya dan di Kabupaten Ngawi, pada umumnya. Acara Malam Resepsi Peringatan HUT RI ke 72 ini mengusung tema yang berbeda dengan tahun kemarin, Mas. Tahun ini kita mengambil tema pengajian akbar yang berkaliborasi dengan kesenian daerah yakni campursari.”

Setelah selesai memberikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan ceramah dari Kyai Sunarso, Karanganyar Jawa Tengah yang memberikan arahan dan nasihat dalam mengisi kemerdekaan ini, kita harus menjauhkan hati kita dari kebencian pada sesama, kemudian kita jangan takut berbuat kebaikan, memberi kepada sesama tanpa membeda-bedakan, lalu kita harus memiliki  cara hidup sederhana dan terencana, kemudian kita harus sering berkumpul dengan orang-orang saleh untuk memperbaiki sikap hati kita dan yang terakhir dalam mengisi kemerdekaan ini, kita wajib bisa bahagiakan orang lain sebagai wujud ibadah.

Suyadi, salah seorang warga Desa Pocol mengatakan sangat senang dan terhibur dengan adanya kegiatan tersebut. “Saya senang dan terhibur sekali, Mas dengan adanya Malam Resepsi HUT Kemerdekaan ini. Yang bernuasa kerohanian dan kesenian tradisional ini. Saya sangat bersemangat datang bersama seluruh keluarga saya, Mas. Ini merupakan wujud rasa kebersamaan dan kekompakan diantara warga masyarakat,”tuturnya dengan gembira.

Harapan kedepan, “Semoga di tahun-tahun yang akan datang, Pemerintah Desa Pocol bisa mengadakan kegiatan-kegiatan maupun program-program yang lebih kreatif dan spektakuler lagi sebagai pendukung produk Ngawi Ramah dan Spektakuler. Saya sebagai wakil dari Pemerintah Desa Pocol, Kecamatan Sine menyampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan dana pembangunan bagi desa Pocol dan saya juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Pocol yang mau bekerjasama, guyub rukun bersama-sama ikut memajukan Desa Pocol,”pungkas Uswatun Hasanah, Kepala Desa Pocol, Kecamatan Sine. (Setiyo)