WARGA PANYOSOGAN GELAR HAJAT LEUMBUR

Iklan Semua Halaman

.

WARGA PANYOSOGAN GELAR HAJAT LEUMBUR

Sku Metropolitan
Sabtu, 30 September 2017


SUBANG METRO
Hajat lembur (syukuran kampung) di gelar di Kampung Panyosogan Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Hal tersebut adalah salah satu adat budaya yang melekat kental di hati masyarakat sekitar. Antusiasnya warga memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan adat budaya murba kegiatan tersebut yang digelar pada senin 25/9.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Anang saat di sambangi Metro di lokasi kegiatan memaparkan pihaknya mengapresiasi dalam kegiatan hajat leumbur dan di laksanakan di tengah kampung panyosogan Rw 06. Hajat Leumbur dihiasi dengan kesenian Jaipongan Uding Gejos' dan itu merupakan kesenian sunda buhun yang saat ini masih di lakukan. Selain itu ada juga kesenian buhun sunda yakni kesenian Geumbyung. Kegiatan hajat leumbur ini sudah di agendakan pada setiap tahun' yang tujuannya adalah untuk bersilaturahmi antar warga masyarakat serta mengadakan doa bersama supaya para petani mendapatkan hasil yang melipah ruah. Para pengusaha semoga sukses dalam usahanya, artinya dengan adanya kegiatan tersebut adalah untuk mensukuri nimat  yang diberikan oleh Alloh SWT kepada kita semua. Diharapkan kedepan kesenian buhun tersebut agar dijaga kelestariannya dan jangan sampai punah serta anak cucu kita supaya mengenal adat budaya kesenian sunda. Ucapan terima kasih kepada semua pihak dan para donatur yang telah ikut berpatisipasi mensukseskan kegiatan tersebut ungkapnya.

Hal serupa di ungkapkan Alan tokoh masyarakat menjelaskan dalam kegiatan hajat lembur ini adalah salah satu sujud sukur terhadap Alloh yang telah memberikan nimat kepada kita semua, sehingga digelar doa bersama. Diharapkan kedepan kampung Panyosogan ini lebih maju dalam pertaniannya untuk mencapai tujuan yang kita harapkan yakni bisa meningkatkan swasembada pangan.  Meningkatkan tarap perekonomian masyarakat yang ada di kampung panyosogan umumnya desa Rancamanggung kecamatan Tanjungsiang. Pihaknya berharap kegiatan hajat leumbur ini adalah untuk bersilaturahmi antar warga supaya lebih erat dan untuk meningkatkan kegotongroyongan melalui kegiatan tersebut pungkaanya. (ABH/Gandi)