Dispertan Usulkan Petani Bebas Bayar Pajak PBB

Iklan Semua Halaman

.

Dispertan Usulkan Petani Bebas Bayar Pajak PBB

Sku Metropolitan
Jumat, 13 Oktober 2017

Bekasi, Metro
Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bekasi, Abdul Karim mengungkapkan Dinas Pertanian akan memberikan perlindungan kepada petani yang lahan nya masuk kedalam area Peraturan Daerah (Perda) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) nantinya akan di usulkan ke Bupati Bekasi bebas Pajak Bumi Bangunan (PBB).

"Petani nanti kita lindungi apabila lahan pertaniannya masuk ke area LP2B dengan dengan cara bebas PBB," ujarnya saat diwawancarai.

Terang mantan Kepala BPMPD, Pembebasan pembayaran pajak PBB sebagai kompensasi untuk melindungi petani agar terus tetap bertani. Bahkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi udah menyambut baik usulan yang disampaikan Dinas Pertanian agar lahan yang hendak di digunakan harus meminta rekom kepada kita (Dinas Pertanian -red).

Sebab, beber karim, tujuan dari minta rekom adalah untuk memastikan apakah tanah yang akan di gunakan pengembang termasuk dalam area LP2B. Meskipun tanah itu milik pengembang sebelum dialih fungsikan jadi kawasan permukiman tetap harus ada ijin rekom dulu dari BPN ke Dinas Pertanian. "Tujuan rekom untuk memastikan sebelum alih fungsi tanah apakah lahan yang di ajukan masuk dalam areal LP2B," bebernya.

Ditambahkan Karim, sepanjang Perda nya belum terwujud bisa saja di alih fungsikan namun jika sudah terwujud maka alih fungsi lahan akan di perketat dan tidak sembarangan kecuali untuk kepentingan yang mendesak untuk percepatan pembangunan. (Ely)