Karang Taruna Karya Bakti Butuh Perhatian Pemerintah

Iklan Semua Halaman

.

Karang Taruna Karya Bakti Butuh Perhatian Pemerintah

Sku Metropolitan
Kamis, 19 Oktober 2017
Ketua Karang Taruna, Arifin

PRINGSEWU, METRO
Sejak dibentuknya Karang Taruna Karya Bakti di Desa Gemuk Rejo satu tahun lalu telah berhasil meraih prestasi menjadi juara 1 oven turnamen futsal antar Kabupaten di Pardasuka pada saat memperingati HUT RI Ke- 72. Hal itu dikatakan,  Arifin, Ketua karang taruna karya bakti kepada wartawan.

Arifin menjelaskan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda.  Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna juga  merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan, dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Tetapi semua itu biasa terlaksana berkat dukungan Pemerintah Daerah menyediakan sarana dan prasaran. Sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi mitra organiasasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan dibidang Kesejahteraan Sosial baik untuk masyarakat dilingkungan sekitar ataupun diwilayah lain.

Meningkatkan SDM demi masa depan yang lebik baik melalui bidang masyarakat dan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah ataupun pihak lain, melalui pengembangan kelompok usaha bersama.

Terwujudnya kesejahtaraan sosial yang semakin meningkat bagi warga Desa  pada umumnya dan khususnya generasi muda yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mempu mengatasi masalah sosial dilingkungannya. Melestarikan kesenian daerah serta pengembangan minat untuk berolahraga.

Meningkatkan peran pemuda dan perempuan serta memberikan kesadaran pentingnya perlindungan hukum terhadap hak perempuan sebagai anak atau remaja, sebagai istri dan sebagai ibu rumah tangga melalui sosialisasi pembangunan pemberdayaan perempuan yang melibatkan anggota karang taruna.
Terwujudnya pemuda pemudi yang bertaqwa kepada Tuhan YME, penuh perhatian dan peka terhadap masalah dengan daya tahan fisik dan mental yang kuat, tegas dan teguh pendirian serta mampu berkreasi dan berkarya, jujur, sederhana sebagai acuan dimasyarakat.

Turut berpartisispasi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta malakukan upaya antisipasif dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Saat ini jumlah angota sudah 180 orang, semoga berkembang dan selalu aktif dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan.

"Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu, agar dapat memperhatikan dan mendukung berbagai fasilitas pendukung beberapa kegiatan yang kami laksanakan. Karang taruan yang baru seumur jagung inisangat membutuhkan sarana dan prasarana seperti, alat-alat olah raga, lapangan yang memadai dan gedung sebagai sara tempat berkumpulnya anggota karang taruna, jelas Arifin. (Abdullah/Bambang)