Pansus Menilai Bappeda Tidak Cermat Mengkaji RPJMD

Iklan Semua Halaman

.

Pansus Menilai Bappeda Tidak Cermat Mengkaji RPJMD

Sku Metropolitan
Selasa, 31 Oktober 2017

Bekasi, Metro
Anggota Panitia Khusus (Pansus) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) DPRD Kabupaten Bekasi menilai Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi tidak cermat dalam mengkaji Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sebab sudah beberapa kali dilakukan pembahasan antara tim RPJMD dengan Pansus tak kunjung selesasi, sehingga belum bisa diparipurnakan.

Wakil Ketua Pansus RPJMD DPRD Kabupaten Bekasi, Mulyana Muchtar mengatakan pihaknya dengan tim sudah beberapa kali melakukan pembahasan terkait RPJMD. Namun demikian apa yang diteliti tak kunjung bisa direvisi serta pemaparannya kurang bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga apabila tidak diperbaiki dikhawatirkan nantinya perencanaan tidak bisa berjalan atau terealisasi. ”Pada dasarnya perencanaan makro sudah benar, namun pada aspek pencapaian kinerja dan keuangan ada yang kurang pas. Sehingga dikhawatirkan perencanaannya banyak namun tidak didukung dengan keuangan daerah,”Ujar Mulyana, diruang kerjanya saat di wawancara Metropolitan,  Senin (30/10/2017).

Politisi Demokrat ini mengungkapkan. adapun salah satu contohnya pembangunan infrastruktur begitu besar perencanaannya. Namun hal tersebut tidak didukung dengan ketersediaan keuangan daerah. ”Jadi kita berkeinginan, Bappeda ini dalam mengkaji serta merencanakan RPJMD yang berkaitan dengan janji politik. Selain harus selaras dengan RPJMD Pemerintah Provinsi, progres kinerja dan keuangan daerah perlu ada sinkronisasi,” pendapatnya.

”Sebab RPJMD ini kan perencanaan makro lima tahun ke depan. Yang juga merupakan sebagai janji politik, apalagi yang menyangkut program unggulan, hal itu juga perlu kesesuaian keuangan dan capaiannya. Oleh sebab itu hingga sekarang kami di Pansus masih meminta tim RPJMD untuk merevisi dengan baik,” imbuhnya.

Sekedar diinformasikan 10 program unggulan yang masuk RPJMD. Diantaranya, Honor marbot, Honor RT RW, Honor Pemberian bibit pertanian, Pelebaran 17 titik ruas jalan, 5000 wirausaha baru, Pembangunan rutilahu, Pembangunan taman, Pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis, Tunjangan Kepala Desa, Bantuan pemakanan bagi anak terlantar dhuafa dan disabilitas. (Ely)