RUATAN BUMI DESA PADAASIH BERLANGSUNG MERIAH

Iklan Semua Halaman

.

RUATAN BUMI DESA PADAASIH BERLANGSUNG MERIAH

Sku Metropolitan
Senin, 09 Oktober 2017

SUBANG, METRO
Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, Desa Padaasih, kecamatan Cibogo, kabupaten Subang, Jawa Barat gelar hajat ruatan bumi. Kegiatan tersebut di selenggarakan pada kamis (5/10) dengan dimeriahkan pegelaran wayang Golek Gentra Bale Bandung 3 bersama Ki Dalang Dahlan Sumitra. Acara ruatan Bumi tersebut diselenggarakan di halaman desa Padaasih yang dihadiri oleh Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih, SE serta Anggota DPRD Kabupaten Subang Lina Marlina dari praksi Golkar, para Camat, para kepala desa serta tamu undangan dan juga tokoh agama dan masyarakat se Kabupaten Subang.
  
Camat Cibogo HAZIZULHAKIM S.Sos.Msi dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengaspresiasi dalam kegiatan ruatan bumi tersebut artinya warga masyarakat desa Padaasih bisa melestarikan seni dan budaya leluhur kita.

Camat menambahkan dalam kegiatan tersebut ada beberapa tujuan salah satunya adalah ucapan rasa sukur terhadap Alloh SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita semua. Maksud dan tujuan di adakannya kegitan ruatan bumi ini merupakan sebagai wahana silaturahmi yang tujuannya adalah untuk melestarikan budaya warisan  nenek moyang kita yang sudah ratusan tahun di lakukan. Dengan di gelarnya kegiatan tersebut agar anak cucu kita mengenal seni budaya sunda warisan para leluhur kita. Selajutnya dengan silaturahmi ini bisa meningkatkan semangat kerja untuk membangun dan mewujudkan sebuah pembangunan desa yang maju. Diharapkan  kedepan desa padaasih lebih meningkatkan di berbagai hal pembangunan serta pelayanan yang prima terhadap warga masyarakat, ungkapnya.

Kepala Desa Padaasih, Sarnita dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan hadir dalam  kegiatan tersebut. “Seharusnya kegiatan ruatan bumi atau guar bumi (sunda-red) ini di laksanakan bulan Agustus lalu, namun kegiatan ruatan bumi ini di laksanakan bertepatan dengan tahun baru islam' dan waktunya turun musim tanam”. “Diharapkan kedepan pertanian yang ada di desa Padaasih lebih melimpah hasil panennya untuk meningkatkan swasembada pangan terutama dalam perekonomiannya juga lebih maju”, Ujarnya Sarnita
Sang Kepala Desa juga menambahkan harapannya kedepan agar pembangunan desa Padaasih meningkat, serta mengedepankan pelayanan masyarakat.


Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih, SE dalam sambutannya mengatakan pihaknya atas nama pemerintah Kabupaten Subang mengapresiasi dalam kegiatan tersebut. Dalam rangka ruatan bumi tersebut pemerintah kabupaten Subang mengedepankan salah satu program yakni program Gapura dan Insprastruktur pada tahun 2018 di upayakan rampung, terutama untuk jalan dan pengairan pada tahun 2018 itu sudah selesai di kerjakan. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu program pemerintah sehingga kita bisa mendapatkan piala Adipura. Terutama dalam kesempatan ini kita perlu untuk menjaga kebersihan di upayakan lingkungan kita bersih dan sampah nya bisa di kelola menjadi pupuk organik. Diharapkan program Gapura bisa tercapai dan itu berkat dukungan semua pihak sehingga kita bisa menyelesaikan program tersebut. Sementara untuk PAD kita masih di bawah dan Insya Alloh kedepan kalau di buka bandara pelabuhan internasiaonal  serta pembangunan waduk sadawarna dan kawasan industri sudah berjalan maka secara otomatis itu akan meningkatkan PAD. Diharapkan program - program yang lainnya juga bisa terlaksana dengan baik' sehingga akan meningkatkan kualitas perekonomian di kabupaten subang. Demikian dikatakan Bupati Subang mengakhiri sambutannya. (Abh/ Gandi).