SURIAN TERPILIH 2 KALI JADI KADES

Iklan Semua Halaman

.

SURIAN TERPILIH 2 KALI JADI KADES

Sku Metropolitan
Kamis, 05 Oktober 2017
Kapuas, METRO
Terpilihnya kembali untuk kedua (2) kalinya Surian, sebagai Kepala Desa membuktikan masih adanya kepercayaan masyarakat  Block C-3 UPT Transmigrasi Dadahup Desa Rawa Subur Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas dalam memimpin pemerintahan desa setempat. Namun kemenangan tipis yang diraihnya hanya selisih satu (1) suara dari Subadrianto yang merupakan rival terberatnya dalam Pilkades kemarin.

Seperti diketahui Desa Rawa Subur salah satu desa yang juga melaksanakan Pilkades serentak, yang diikuti 3 peserta calon dengan hasil perhitungan suara masing-masing. Surian 107 suara, Subadrianto 106 suara sedangkan Abdul Rahman memperoleh 18 suara.

Masyarakat Desa Rawa Subur yang nota bene berasal dari semua warga transmigrasi ini tampaknya masih berharap banyak kepada sosok seorang Surian dalam mengendalikan struktur pemerintahan desa, justru itu sikap  keterbukaan dan kebijakan yang ditunjukkannya menjadikan harapan dalam membangun desa untuk periode enam tahun kedepan.

Semenjak ditetapkan menjadi desa definitif tahun 2012 tampuk pemerintahan Desa yang dipegangnya, banyak mengalami kemajuan dalam pembangunan dan jelas terlihat serta dirasakan masyarakat Desa Rawa Subur. Hal ini dapat dibuktikan secara faktual seperti pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan  serta pemberdayaan masyarakat yang proporsional sehingga roda pemerintahan desa berjalan dengan baik dan pembangunan dapat berkembang.
Menurut Surian dengan terpilihnya kedua kalinya dia berkomitmen akan meningkatkan pembangunan lebih maju lagi untuk disemua bidang. Yang mana dirasa belum maksimal hal ini dikarenakan letak posisi desa yang cukup terisolir dari ibu kota Kuala Kapuas sedangkan akses transportasi menuju ke wilayah desa ini cukup sulit. Sarana infrastruktur (jalan) yang mengalami rusak berat dan ini tentunya salah satu point penting bagi Kepala Desa terpilih yang terus menerus selalu diperjuangkan, demikian salah satu komitmen yang disampaikan Surian, ketika Metropolitan menemui dikediamannya.

Sementara itu telah diberitakan sebelumnya sebagaimana dilansir SKU Metropolitan Edisi 176 Minggu Pertama Agustus 2017 sebanyak 44 Desa di Kabupaten Kapuas telah melaksanakan Pilkades serentak namun telah mengalami penundaan akibat Perbup tentang Pilkades ketika itu belum turun. Pada Pelaksanaan Pilkades ini diperoleh info sejumlah 13 orang Kades incumbent terpilihnya kembali. Namun ada beberapa Kades yang tidak lagi ikut bertarung, disamping itu juga ada Kades incumbent gugur dalam penyeleksian dari panitia karena dalam Perbup (No. 17 Tahun 2017) tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian Kepala Desa.

Sudah jelas aturan yang telah ditentukan sebagaimana Perbup tersebut, apabila bakal calon Kepala Desa yang lebih dari 5 (lima) orang pendaftar, maka akan diadakan penyeleksian oleh Panitia Pilkades Kabupaten, dimana teknis dan materinya disesuaikan dengan Juklak dan Juknis oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas.

Terkait Pilkades serentak ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, Bapak Drs. Ibak, M.Pd mengatakan Pelaksana Pilkades tersebut sudah sesuai aturan hal ini disampaikan beliau ketika dikonfirmasi Metropolitan via seluler karena beliau sedang mengikuti rombongan  Bapak Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT ke Palu Provinsi Sulawesi Tengah.


Sementara untuk menepis rumor yang beredar prosesi pelantikan Kades terpilih direncakan 4 Oktober, namun ketika hal ini dikonfirmasi kepada Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Kapuas Carolina, S.Sos, pihaknya mengatakan bahwa untuk pelantikan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan Bupati, dan minimal 30 hari setelah pelaksanaan Pilkades, jelasnya. (Ahza-Biro Kapuas)