Festival Kirab Gunungan Sedekah Bumi

Iklan Semua Halaman

.

Festival Kirab Gunungan Sedekah Bumi

Sku Metropolitan
Sabtu, 04 November 2017
(kiri) Pemberangkatan Kirab Gunungan Sedekah Bumi, (kanan) Launching Taman Rogo Adem

Ngawi, METRO
Dalam rangka Bersih Desa Jogorogo, Pemerintah Desa Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menggelar Festival Kirab Gunungan Sedekah Bumi, dilanjutkan dengan Launching Taman Rogo Adem disertai dengan minum 1910 cangkir wedang jahe dan makan jadah bakar serta menerbangkan 1910 balon di Lapangan Desa Jogorogo.

Event tersebut merupakan event yang baru pertama kali di gelar di Kabupaten Ngawi dan satu-satunya desa yang menggelarnya, adalah Desa Jogorogo. Acara ini, merupakan acara yang paling meriah dan spektakuler. Terlihat, ribuan orang berdatangan dan berdesakan saat menyaksikan Kirab Gunungan Sedekah Bumi serta Minum 1910 Cangkir Wedang Jahe dan Makan Jadah Bakar yang digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Kamis (19/10).

Kepala Desa Jogorogo, Nur Ekawati, SE., menuturkan,”Acara ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hasil bumi serta pertanian yang melimpah ruah kepada warga. dan Gunungan raksasa ini berisi sayur-mayur, buah-buahan dan aneka hasil bumi yang diarak keliling Desa Jogorogo. Kegiatan ini melibatkan seluruh RT/RW, lembaga desa dan semua warga.” Tuturnya.

“Meriah, Unik dan Spektakuler itulah yang ingin diejawantahkan Pemerintah Desa Jogorogo dalam rangka kegiatan bersih desa ini. Semoga ini menjadi momentum Desa Jogorogo adem, aman, damai, emansipasi dan maju,” harapnya.


Melihat antusias dari warga masyarakat yang begitu besar, Kepala Desa Jogorogo berencana akan menjadikan acara ini sebagai agenda tahunan. Bahkan pihak Pemerintah Desa akan mempersiapkan jauh-jauh hari terkait teknis maupun non teknis, agar acaranya terlaksana dengan lebih baik lagi. (Zainal)