Gaji Tenaga Honor Kebersihan Tiga Bulan Belum “Dibayar”

Iklan Semua Halaman

.

Gaji Tenaga Honor Kebersihan Tiga Bulan Belum “Dibayar”

Sku Metropolitan
Selasa, 21 November 2017

BEKASI, METRO.
Puluhan tenaga honorer kebersihan atau yang kerap digelari pasukan kuning yang sehari-hari bertanggung jawab atas kebersihan kawasan Pasar Babekan  tiga bulan terakhir ini belum menerima gaji. Hal itu diungkapkan bebera tenaga honorer kebersihan kepada wartawan baru-baru ini.

Petugas kebersihan yang tidak bersedia disebut namanya menjelaskan, kondisi itu sangat menyulitkan perekonomian keluarga para petugas kebersihan, karena mereka bergantung pada gaji. Apalagi, mayoritas dari petugas kebersihan tidak punya pekerjaan sampingan.Utang di warung sudah menumpuk, belum lagi ongkos sekolah anak, kredit sepeda motor, iuran listrik, lanjutnya.

Dia menambahkan, terlambatnya gaji tengan honor kebersihan Pasar Babelan, diakbiatkan Kepala UPTD Pasar babelan jarang masuk kantor. Untuk menyambung hidup kami mencari tambahan pekerjaan menjadi kuli serabutan. “Kalau saya tidak kerja lain, mau makan apa saya,” jelasnya.

Dia pun menyayangkan, pihak UPTD  Babelan dan Tarumajaya, menuntut lingkungan harus bersih. Selama ini, pimpinannya mengintruksikan jangan sampai ada sampah yang berserakan. Sayangnya, intruksi itu tidak sebanding dengan honor yang telat dibayar belum juga diutamakan. “Tidak seimbang dengan tuntutan kerja dan honor.

Belum lagi, menyangkut uang lembur. Menurutnya,  tidak pernah menikmati hari libur bersama keluarga. Sebab, tuntutan pekerjaan mengharuskan dia masuk kerja, meski tangalan kalender sebagai hari libur. “Sampai sekarang tidak ada insentif lembur,” paparnya.

Saya sempat menanyakan ke salah satu pegawai UPTD Kebersihan Babelan, alasanya, lantaran tahun ini pembayaran honor dilakukan lewat rekening bank masing-masing pegawai honor, karena data di UPTD Pasar Babelan hilang, kita menunggu Kepala UPTD nanti masuk kantor,"  tandasnya, menurukan uangkapan staaf UPTD.

Kepala UPTD Pasar Babelan, ketika disambangi ke kantornya tidak berada ditempat. Menurut salah satu setafnya, Kepala UPTD Pasar Sudah lama tidak masuk Kantor, katanya sih lagi sakit bang, ucapnya. (Acep)