Ketua Gapensi Kota Bekasi, H Enjang Karyana: Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalitas

Iklan Semua Halaman

.

Ketua Gapensi Kota Bekasi, H Enjang Karyana: Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalitas

Sku Metropolitan
Jumat, 24 November 2017

Bekasi, METRO
Badan Pimpinan Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (BPC GAPENSI) Kota Bekasi laksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) V tahun 2017 dengan berakhirnya masa bhakti kepengurusan tahun 2012-2017, Rabu,(8/11) di Hotel Santika Kota Bekasi, Jawa Barat.

Muscab V tersebut, dalam rangka evaluasi kritis dan objektif atas pelaksanaan kebijakan, program kerja dengan tujuan organisasi Gapensi. Selain itu, sekaligus untuk pemilihan kepengurusan baru untuk masa bhakti tahun 2017-2022 yang berakhir dengan pemilihan Ketua secara Aklamasi berdasarkan hasil rapat komisi-komisi yang hanya mengajukan satu calon.

Ketua BPC masa bhakti 2012-2017, H Didit Sukisno menyampaikan, bahwa Muscab V BPC Kota Bekasi merupakan forum kedaulatan anggota tertinggi  yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

“Hal ini dilaksanakan sebagai sarana untuk melakukan berbagai evaluasi atas pelaksanaan kebijakan, program kerja organisasi,“ ungkap Didit Sukisno kepada IM usai acara Muscab.

Muscab ini dilaksanakan untuk menyikapi pentingnya evaluasi dalam rangka optimalisasi program kerja Gapensi yang efisien, efektif dan berdaya guna serta berhasil guna. “Maka kami memandang sangat perlu diadakannya Muscab V ini, sehingga kami harap seluruh anggota dapat memberikan kontribusinya dalam menjalankan organisasi kedepannya agar lebih berkualitas dan produktif,“ ujarnya.

Muscab V ini, salah satu bentuk kesuksesan dalam regenerasi keanggotaan dan harapannya kedepan kepengurusan baru untuk lebih maju lagi dari yang sebelumnya.

Sementar itu, Ketua Terpilih masa bhakti 2017-2022, H Enjang Karyana Purnama yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris, mengatakan, bahwa kedepannya Gapensi Kota Bekasi akan dijalankan dengan baik untuk mempertahankan  dan meningkatkan jumlah keanggotaan yang sudah ada yakni, 264 anggota.

Selain itu, Enjang juga menyeroti terkait masalah persentasi perolehan pekerjaan yang didapatkan oleh anggota Gapensi dari kegiatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi yang sangat rendah dibandingkan dengan jumlah anggota.

“Perolehan pekerjaan untuk anggota Gapensi dari kegiatan APBD Kota Bekasi sangat memprihatinkan yang hanya kisaran 5 persen,“ ucapnya.

Kedepannya disampaiakan H Enjang, bahwa perlunya dilakukan Instropeksi dan evaluasi secara menyeluruh, baik dalam hal kinerja, profesionalisme, Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing dalam perolehan pekerjaan khususnya di Kota Bekasi.

“Perlu kita lakukan Instropeksi kedepan, apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh organisasi, baik menyangkut kinerja, profesionalisme, SDM dan Permodalan utk dapat bersaing dengan pengusaha dari luar Kota Bekasi,“ kata H Enjang.

Walikota Bekasi diwakili sraf ahli bisang pembangunan Junaedi membuka Musyawarah Cabang (Muscab)  ke-V  tahun 2017 Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Bekasi di Hotel Santika Kota.

Ketua pelaksana Muscab asep sobaati, mengatakan Muscab yang mengusung tema “Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam pelaksaan pembangunan konstruksi”. Ini digelar sebagai bentuk pertanggungjawaban kepengurusan BPC Gapensi Kota Bekasi periode 2012 – 2017 sekaligus pemilihan pengurus BPC Gapensi Kota periode 2017 – 2022.

“kita berharap Muscab V Gepensi ini berjalan dengan lancar dan sukses serta memilih kepengurusan Gapensi lima tahun kedepan, sekaligus dapat menghasilkan keputusan yang strategis bagi kemajuan Gapensi,” tambah H Nurahman,S.

Keua DPC Gapensi Kota Bekasi H Didit Sukisno mengtakan, “Muscab ini merupakan forum kedaulatan tertinggi disamping memilih kepengurusan yang baru Muscab juga untuk pemantapan dan peningkatan kompetensi sebagai mitra pemerintah daerah dalam pembangunan, ujarnya.

Sementara itu Junaedi mengatakan, Pemerintah Kota Beasi sangat mendukung pelaksanaan Muscab ke V ini, diharapkan melalui Muscab ini akan melahirkan para anggota yang semakin professional dalam bidangnya.

H. Enjang Menambahkan, Alhamdulillah saya terpilih dan dipercaya sebagai Ketua NPC GAPENSI Kota Bekasi periode 2017-2022 yang akan mengemban tugas selama lima tahun kedepan. Mudah-mudahan saya bersama pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan dan melaksanakan apa yang dimanahkan AD/ART juga yang diamahkan Muscab V GAPENS  2017 ini. Demikian sambutan Ketua terpilih BPC Gapendi Kota Bekasi H Enjang Karyana.

Menurutnya, hingga akhir periode 2012-2017 alhamdulillah BPC GAPENSI Kota Bekasi memiliki 264 anggota Badan Usaha  sebagaimana disampaikan Ketua BPD GAPENSI Jawa Barat bahwa BPC GAPENSI Kota Bekasi menduduki peringkat kedua terbanyak anggota se Jawa Barat dibawag Kota Bandung, ujar H Enjang.

 Oleh karena itu, selaku ketua terpilih bersama para pengurus yang baru dilantik periode 2017-2022 insyallah akan melanjutkan, mempertahankan bahkan akan berupaya sedapat munkin meningkatkan jumlah anggota pada tahun-tahun yang akan dating walaupun mungkin ada tantangan dan rintangan.
Namun rintangan dan tantangan yang paling berat dirasakan selama ini para pengusaha jasa konstruksi di Kota Bekasi pada umumnya khususnya anggota Gapendi Kota Bekasi yang jumlah anggotanya paling panyak diantara assosiasi lainnya, tentu masalah perolehan pekerjaan.

Sedih dan prihatin karena di Kota Bekasi anggaran belanja fisik setiap tahun cukuplah besar yang hampir Rp 1,5 triliun lebih, namun yang dilaksanakan pengusaha Kota Bekasi hanya 5 -10 persen saja. Melihat hal itu, apakah karena kompetensinya yang belum teruji atau karena profesionalitasnya? Atau permodalannya, dan kita harus intropeksi diri kata Enjang.

Seluruh anggota BPC GAPENSI Kota Bekasi kedepan mempersiapkan diri dengan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dan melaksanakan pembanunan infrastruktur, tambahnya. (Sardin).