Mendikbud Dorong Kepsek SMK Berjiwa Wirausaha

Iklan Semua Halaman

.

Mendikbud Dorong Kepsek SMK Berjiwa Wirausaha

Sku Metropolitan
Jumat, 24 November 2017
Jakarta, METRO.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong kepala sekolah menengah kejuruan (SMK) agar memiliki jiwa wirausaha atau mental wirausaha, yakni wirausaha pendidikan. Mental wirausaha yang dimaksud Mendikbud tersebut adalah mental dalam upaya memajukan sekolah dengan sumber daya yang dimiliki.

“Ke depannya, kepala sekolah dimungkinkan untuk tidak mengajar, cukup jadikan sekolah lebih maju, bagaimana bisa memajukan sekolah. Semoga ke depan (tentang kepala sekolah) bisa ditangani dengan khusus,” ujar Mendikbud di acara pemberian bantuan peralatan praktik untuk SMK, di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, baru-baru ini.

Ia mengatakan, bantuan peralatan praktik yang diberikan pemerintah tahun ini tidak terlalu besar karena ada keterbatasan anggaran. Karena itu dia berharap agar para kepala sekolah dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pengembangan pendidikan di SMK. “Usahakan kalau bisa malah sekolah bisa melipatgandakan manfaatnya,” katanya.
Sebanyak 580 SMK menerima bantuan peralatan praktik dari Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud. SMK-SMK tersebut mendapatkan dua paket peralatan praktik dengan nilai 150 juta per paket.

“Tiga ratus juta bukan dana yang besar. Usahakan kerja sama dengan dunia industri dan usaha ditingkatkan dan diperbanyak. Yang penting juga membekali siswa-siswanya menjadi wirausahawan,” ujar Mendikbud.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan, Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga wirausahawan. Ia berharap, kepala sekolah SMK di Indonesia bisa mengelola sekolahnya dengan baik, termasuk memantau, memanfaatkan, dan mengembangkan kemampuan alumni yang terjun sebagai wirausahawan. (D M)