Pekon Padang Reo Gunakan DD Bangun Infrastruktur

Iklan Semua Halaman

.

Pekon Padang Reo Gunakan DD Bangun Infrastruktur

Sku Metropolitan
Rabu, 01 November 2017
 
Kepala Pekon Padang Rejo
PRINGSEWU, METRO
Pekon (Desa Red) Padang Rejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi lampung, selalu berbenah dari tahun ke tahun. Di tahun 2017 ini melakukan pembangun saluran pasangan batu (Drainase). Dalam melaksanakan kegiatan pembagunan masyarakat Padang Rejo sangat antusias  sekali dalam melakukan pekerjaannya, karena merupakan akses  aktivitas sehari-hari.

Realisasi Dana Desa (DD) tahun 2017 di Pekon Padang Rejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. di prioritaskan untuk pembangunan Inspratruktur sesuai pemanfaatan oleh masyarakat setempat.

Tukiman menjelaskan,” realisasi Dana Desa (DD) 2017, kami prioritaskan pembangunan insprastruktur jalan Onderlagh, drainase, Talud, Rabat beton dan satu unit gedung posyandu. Pembangunan Jalan onderlagh di dusun III dari tahap pertama sepanjang 300 meter, drainase terletak di dusun 1 dan II , talud terletak di dusun III dengan panjang 300 meter, katanya.

Menurutnya, beberapa sarana akan dilanjutkan pembangunan nya tahap kedua seperti, Rabat Beton pada ruas jalan dusun II Rt.01 dan gedung posyandu ukuran 5X9, meter terletak pada dusun I. Semoga dalam minggu-minggu ini Dana DD tahap kedua sudah di cairkan,” ujar Tukiman. 


Tukiman menambahkan, selain pembangunan infrastruktur, juga ada pengadaan tiang lampu penerangan jalan yang telah di pasang di depan rumah yang di jalan lorong, masing-masing alan umum (PJU) didepan. Dan yang dialokasikan untuk pembuatan tiang akan direalisasikan sekitar 30% dari pagu dana Anggaran Dana Pekon (ADP)2017 sekitar enampuluh juta rupiah (Rp60 juta). Semua sudah masuk dalam perencanaan kegiatan. Kami mempriorotaskan disetiap lorong, sedangkan rumah yang berada dibagian belakang akan dilaksanakan ditahun- tahun yang akan dating. Tambahnya.

Sementara itu beberapa pekerja yang juga warga sekitar mengungkapkan, sebelum adanya saluran drainase ini sering terjadi genangan air dimusim penghujan, juga rusaknya jalan dikarenakan tidak adanya penahan jalan. Setelah dibangunnya saluran pasangan batu (drainase) ini air bisa mengalir dan tidak pernah ada lagi genangan air.


Pengerjaan bangunan tersebut dilaksanakan masyarakat sekitar sendiri, jadi untuk mutu dan kwalitas sangatlah baik sekali. Semenjak kepemimpinan kepala Pekon Padang Rejo, Tukiman menjadi tambah maju dan sejahtera. Kami sebagai warga mengucapkan terimakasi kepada Pemerintah yang telah mengucurkan Dana Desa untuk membangun infrastruktur di Pedesaan, ujarnya. (Abdullah/Bambang)