SDN Sukatani 5 Raih Penghargaan Bintang Bari BPOM dan Sekolah Adiwiyata

Iklan Semua Halaman

.

SDN Sukatani 5 Raih Penghargaan Bintang Bari BPOM dan Sekolah Adiwiyata

Sku Metropolitan
Kamis, 16 November 2017


Depok, Metro
SDN Sukatani 5 yang terletak di Jln Pekapuran,Kp Babakan Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos,Kota Depok, baru baru ini berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari pemerintah  yakni,  mendapatkan Bintang Keamanan Badan Kantin Sekolah dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM)  Propinsi Jawa Barat (2017).

Penghargaan itu di dapat atas komitmen sekolah dalam menerapkan dan menyediakan  makanan sehat serta higienis yakn,i menyediakan pangan yang bersih, aman, berkwalitas dan bergizi  dengan membangun sarana prasarana yang baik. Membangun kantin sehat di sekolah sehingga makanan yang diperjualbelikan  dapat tercontrol dan diawasi pihak sekolah. Hal itu merupakan indicator penilaian penghargaan tersebut.

Menurut Kepala sekolah, Suroso, keberhasilan SDN Sukatani 5 mendapatkan piagam penghargaan dari BPOM merupakan Kebanggaan bagi  semua warga sekolah , mendapatkan Bintang dalam pengelolaan kantin sehat bukan perkara mudah, karena harus mengikuti  kriteria  yang di gariskan BPOM.  ‘’Tentu saja harus bersaing  dengan sekolah yang lain,  melalui proses yang panjang, alhamdulilah Penghargaan ini bisa diraih sekolah ini’’,ujar Suroso.

Suroso menambahkan , “dengan adanya kantin sehat di sekolah, pihaknya akan bisa mengawasi makanan yang masuk , karena itu tiap hari pihaknya selalu mengecek makanan dan jajanan  yang ada di sekolah jangan sampai masuk makanan yang tidak aman di komsumsi. ’Dengan adanya Kantin sehat di sekolah, anak anak tidak lagi sembarangan jajan diluar sekolah’’,ungkapnya.

Menurutnya, selain keberhasilannya mendapatkan Bintang dari BPOM , SDN Sukatani  5 juga dinobatkan menjadi sekolah Adiwiyata pada tahun 2017, karena sekolah ini dinilai mampu melestarikan lingkugan yang berkelanjutan mewujudkan warga sekolah dalam upaya pengelolaan yang berbasis lingkungan melalui tata kelolah sekolah yang baik.

Perlu di ketahui bahwa, sekolah adiwiyata adalah program pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup,  mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Karena ada empat aspek menjadi pengembangan program sekolah Adiwiyata yaitu, kebijakan, kurukulum, kegiatan dan sarana prasarana.

Di akhir perbincangan dengan media ini, Suroso berharap, agar pengantinya nanti sebagai Kepala sekolah di Sukatani 5, bisa meneruskan program-programnya ,karena dirinya mengaku sudah masuk purna bakti pada pertengahan 2018.


Dua penghargaan tersebut menjadi Kado manis buat Kepala sekolah yang di kenal ramah dan low frofile ini sebelum dirinya  menginjak masa pensiun. ( Jalampong R )