Dana Desa (ADD) di Desa Negara Batin Disoal Masyarakat

Iklan Semua Halaman

.

Dana Desa (ADD) di Desa Negara Batin Disoal Masyarakat

Sku Metropolitan
Senin, 05 Februari 2018
Lampura , metro - Proyek pembangunan fisik yang dibiayai dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) di Desa Negara Batin, Kecamatan Sungkai Utara, Kab. Lampung Utara (Lampura), Provinsi Lampung tidak dilaksanakan oleh kepala desa . Akibatnya, warga protes terhadap kepala desa atas perbuatan yang diduga telah melanggar peraturan dan undang-undang.

ADD dan DD sebesar  Rp.1,150M  yang semestinya diserap untuk pembangunan  sebesar 60%  ternyata tidak dialokasikan untuk pembangunan fisik oleh Kades Negara Batin Restinur Ariawati.

Saat dimintai keterangan melalui telephon karna kades tidak ada di kantor, Resti mengatakan, "maaf mas saya lagi di provinsi belum bisa memberi keterangan, "ungkapnya, Sabtu (04/02). 


DD dan ADD tahun anggaran 2017 kucuran dana  tersebut di bagi menjadi  dua termin, 60% termin pertama dan 40 % termin kedua. Namun pembangunan di desa tersebut sampai 2018 belum juga dikerjakan. Selain dari pada anggaran tahun 2017 diutamàkan empat prioritas, salah satunya proyek pembangunan yang tertuang dalam Permendes No.4 tahun 2017.

Terkait masalah itu Sekretaris Desa Negara Batin, Nurul kepada LKN.com  menyebutkan, "iya mas saya sekalu sekdes sudah bersama perangkat desa dan masyarakat mempertanyakan masalah tersebut kok sudah masuk tahun 2018 kegiatan pembangunan tersebut belum dikerjakan. Tapi  ibu Resti bilang dia masih mencari kontraktor yang bisa mengerjakannya, " jelasnya.

Penggunaan ADD dan DD tahun 2017  yang sudah melewati batas waktu tentunya mengarah pada pelanggaran peraturan pelaksanaan yang sudah ditentukan  apa lagi jika sampai tidak dikerjakan. Perbuatan tersebut melanggar Undang -Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Kep lampung ( jumeri )