Kwarcab Pramuka Kabupaten Subang Harus Netral

Iklan Semua Halaman

.

Kwarcab Pramuka Kabupaten Subang Harus Netral

Sku Metropolitan
Jumat, 02 Februari 2018
Subang, Metropolitan. - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, H. Cecep Supriatin meminta seluruh jajaran pengurus dan anggota Pramuka menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 menjaga netralitas. Namun sebagai pribadi diharapkan dapat ikut berpartisipasi sebagai pegawas dan penyelenggara.


Hal ini diungkapkan usai membuka kegiatan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab.Subang di Gedung Puri Kitri Jalan Brigjen Katamso, Subang, Sabtu (27/1/2018).



H. Cecep menyebutkan, sebagai anggota Pramuka harus ada di mana mana dalam berbagai kegiatan membina generasi juga membantu berbagai program pemerintah daerah, lingkungan dan lainnya. Namun tentu saja sesuai Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010, Pramuka tidak boleh memihak kepada siapapun karena gerakan non politik.  “Pramuka milik semua orang dan kepentingan bangsa,“ katanya.



Tentu saja orang tua atau saudara sebagai ASN, anggota organisasi massa, atau orang parpol sekalipun, tapi saat bicara Pramuka, semua harus dihilangkan karena Pramuka itu merah putih sehingga memiliki kapasitas yang netral. 

"Hanya saja sebagai warga negara dan atas nama pribadi, seorang anggota  pramuka bisa berperan serta dalam membantu kelancaran pemilu tanpa menggunakan atribut,“ jelas H. Cecep.


Selain dihadapan pengurus dan peserta Sidpar cab. DKC Subang, hal yang sama diungkapkan kepada jajaran pengurus dan anggota Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Subang saat membuka Musyawarah Ranting Pramuka untuk memilih kepengurusan yang baru. 


“Yang jelas kiprah anggota Pramuka Subang di bidang pembangunan sudah semakin terasa, salah satu bukti akuntabilitas kinerja pemerin tah Kabupaten Subang yang semula meraih nilai CC, sekarang B,“ pungkasnya. (ds/gandi)