AHY Ingatkan Pemuda Siapkan Diri Memasuki Era Bonus

Iklan Semua Halaman

.

AHY Ingatkan Pemuda Siapkan Diri Memasuki Era Bonus

Sku Metropolitan
Sabtu, 17 Maret 2018

BEKASI, METRO - Indonesia pada tahun 2020-2030 mendatang diperkirakan akan berada  dalam bonus demografi, dimana ledakan penduduk muda produktif akan mencapai 70%. 

Menanggapi situasi demikian, Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY, mengajak anak muda untuk mempersiapkan diri dalam menciptakan peluang dalam mencari pekerjaan, hal ini diungkapkannya saat berada di salah satu rumah makan di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat. 

"Kita pada tahun 2020-2030 ada puncak bonus demografi, dimana 70% penduduk kita berada dalam usia sangat produktif, ini jadi modal yang besar, ini bisa menjadi keuntungan bagi kita tetapi bisa jadi bencana. Bila orangtua maupun pemerintah tidak mengelola generasi muda dengan baik," kata AHY. 

"Untuk itu, pemuda harus membekali diri dengan kapasitas intelektual, itu mutlak. Itu saja tidak cukup harus dibarengin dengan karakter, integritas mentalitas yang kuat, kreatif dalam mencari solusi dan memiliki jiwa kepemimpinan. Dengan membekali anak muda kita dengan berbagai keterampilan, negara harus masuk disini, pemerintah bertanggungjawab memberikan peluang-peluang," imbuh AHY dihadapan awak media. 

Oleh sebab itu, kata AHY, pihaknya memiliki program-program yang berfokus pada aspek pendidikan, tidak hanya pendidikan umum tetapi pendidikan vokasi, dimana nantinya setiap orang memiliki kesiapan kerja.

"Jangan sampai kemudian sekolah tinggi-tinggi bingung cari kerja, setiap orang harus dibekali dengan keterampilan, sehingga dia mempunyai skill set atau spesialisasi sehingga bisa berkarir dengan baik, itu semangat yang  saya bawa," kata dia. 

Dengan demikian, sambung AHY, bonus demografi menjadi keuntungan karena  terciptanya generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing dengan masyarakat global. (Ely)