DPRKPP Kabupaten Bekasi Targetkan 20% Ruang Terbuka Hijau

Iklan Semua Halaman

.

DPRKPP Kabupaten Bekasi Targetkan 20% Ruang Terbuka Hijau

Sku Metropolitan
Rabu, 14 Maret 2018

BEKASI, METRO
Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan yang selanjutnya  (RTHKP) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana tata ruang wilayah propinsi dan kabupaten/kota. RTHKP adalah bagian dari ruang terbuka suatu kawasan perkotaan yang diisi oleh tumbuhan dan tanaman guna mendukung manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi dan estetik. Kebutuhan sangat di perlukan demi berkelanjutan Lingkungan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan mengatakan bahwa bahwa kaitan tupoksinya  seputar pembukaan taman yang tematik dan memperbaiki taman yang sudah bagus ini pembekapan terhadap Ruang Terbuka Hijau( RTH) di Kabupaten Bekasi saat ini masih 18%.  Targetnya 20%.

Ia menjelaskan, mudah mudahan target lima tahun kedepan 20% dapat di capai, sebagai leading sektornya tentu akan bekerja sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

“Karena sisa yang 2% tidak mudah ini dicapai dalam waktu 5 (lima) tahun kedepan,salah satunya yang menjadi kedala adalah pembebasan lahan, tentu ada kaitannya terhadap anggaran akan teapi bila mendapat dukungan dari Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi  mudah mudahn target 20% dapat di capai” ungkap Iwan Ridwan kepada wartawan Metropolitan usai peresmian gedung baru Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi, Jumat (9/3/2018)

“Karena itu masih ada kaitanya dengan visi, misi, dan program kepala daerah atau Bupati Bekasi. sudah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bekasi Nomor 12 Tahun 2017 tentang RPJMD, yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 ( lima ) tahunan” Ujar Iwan Ridwan Mantan Kepala ULP Kabupaten Bekasi

Terkait dengan pembangunan Jalan Lingkungan (Jaling) dan drainase di sekitar pemukiman. melalui program kerja dan kegiatan. disusun berdasarkan musyarawah rencana pembangunan yang diusulkan masyarakat.

Iwan Ridawan mengatakan , akan segera mengelar lelang pengadaan jalan lingkungan(jaling) dan drainase. Berhubung karena , Dirinya baru Jabatan di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) harus melakukan pengecekan, agar nantinya tumpah tindih guna menhidari hal hal yang diiginkan.

Meskipun demikian pihaknya sudah merencanakan berapa tahap survey dan persiapan-persiapan pada program pembangunan 2018 tersebut dan akan menjalankan tupoksinya atau
kegiatannya setiap SKPD kerap berkoordinasi dan bekerja sama dengan SKPD yang lain.

"Intinya, program dan kegiatan yang kita akan laksanakan harus sesuai dengan program Bupati Bekasi dan juga mengacu kepada program Presiden," tutup Iwan Ridwan (Advetorial/Ely)