Koramil Tambun Lakukan Penanaman 1000 Pohon

Iklan Semua Halaman

.

Koramil Tambun Lakukan Penanaman 1000 Pohon

Sku Metropolitan
Kamis, 08 Maret 2018

Bekasi, Metro - Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.

Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia. Hal itu dikatakan Danramil Tambun, Mayor Sutikno, didampingi Camatan Tambun Selatan Drs Iman Santoso, kepada wartawan SKU Metropolitan Kamis (8/3) usai melakukan penanaman pohon di belakang kantor Koramil

Sutikno menjelaskan, penanaman seribu pohon merupakan Program Kodim 0509/Kabupaten Bekasi.   penanaman sejuta pohon akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Koramil yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi hari jumat (9/3), ujarnya.

Dia menambahkan, jenis pohon yang ditanam, adalah, pohon Mangga, Rambutan, jambu air, Sawo, Durian dan lain- lain yang dapat menghasilkan buah. Hal itu dilakukan, selain mengurangi polusi udara juga untuk menghasilkan buah yang dapat dinikmaati masyarakat. Mari kita manfaatkan lahan seefesian mungkin untuk menanam pohon di lingkungan kita masing-masing, tambahnya.

Sementara itu camatan Tambun Selatan,  Iman Santoso, menuturkan, kami mendukung program penanaman seribu pohon yang dilaksanakan Koramil Tambun, selain penghijauan, pohon yang ditanam adalah pohon yang menghasilkan buah. Buah yang dihasilan pohon tersebut dapat dikonsumsi masyarakat. Hasilnya bukan sekarang tetapi lima tahun kedepan sudah pastia ada buahnya. Kami mengharapkan masyarakat dapat memelihari, bukan hanya menanam. Kalau dtanam tanpa ada pemeliharaan, tidak ada artinya, maka saya mengajak seluruh lapisan masyakat untuk merawat pohon yang baru ditanam anggota Koramil Tambun, katanya.   (Merry/Ferry).