Markum: Meraih Adipura Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

Iklan Semua Halaman

.

Markum: Meraih Adipura Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

Sku Metropolitan
Rabu, 28 Maret 2018
BEKASI, METRO- Upaya Pemerintah Kota Bekasi meraih Piala Adipura harus disambut baik oleh semua elemen masyarakat. Artinya, dibutuhkan  kerjasamanya antara Pemkot dengan masyarakat untuk meraih penghargaan tersebut.

Meraih Adipura, kata Kepala UPTD Lingkungan Hidup (LH) Bekasi Utara, Markum, bukan perkara yang gampang. Namun tidak juga begitu sulit. "Hanya dibutuhkan komitmen dan keseriusan bersama antara pemerintah dengan masyarakat," katanya kepada wartawan SKU Metropolitan baru-baru ini.
Jadi, lanjut Markum, meraih Adipura tidak akan terwujud jika hanya pemerintah saja yang berusaha dan berkomitmen, tetapi masyarakat harus ikut terlibat. "Makanya, peran dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk meraih adipura itu," ungkapnya.


Markum mengatakan, taman-taman pasukan orange telah siap melaksanakan tugasnya dua puluh empat jam (24 jam). Begitu juga dengan bank sampah telah dibagi ke 33 Rukun Warga (RW), dari 144 RW.

Selain itu, sambungnya, masyarakat membuang sampah harus pada tempatnya yang sudah disediakan pemerintah. "Karena beberapa hari ini dalam pantauan saya, masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, " ujarnya.

"Sekali lagi, saya mengharapkan sinergi, dan peran masyarakat agar TPS yang ada harus dimaksimalkan. Sampahnya dibuang pada tempatnya, jangan sampai sembarangan, sehingga TPS tidak sia-sia dibuatkan oleh pemerintah," ujarnya.

Markum menambahkan, ada empat (4) titik pantau di UPTD Lingkungan Hidup Bekasi Utara, antara lain,  SMAN 4, Rumah kompos yang terletak di Perumahan Prima Harapan, Halter Alexindo dan Kantor Kecamatan. "Saya optimis untuk penilaian Adhipura sudah mencapai 78 Persen, sampai saat ini sudah memasuki nilai 73,58 persen" sedangkan ke empat titik pantau hampir 100 persen” katanya. (Fathir)