Sambut Kedatangan Kapal KRI Teluk Sibolga 536 di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal

Iklan Semua Halaman

.

Sambut Kedatangan Kapal KRI Teluk Sibolga 536 di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal

Sku Metropolitan
Sabtu, 31 Maret 2018


Tanjab Barat - Metro- Kedatangan Kapal KRI Teluk Sibolga 536 bersama Komunitas sosial Alumni Menwa Indonesia yang bertolak dari Pelabuhan Boom Provinsi Sumatera Selatan disambut dengan baik oleh Bupati Tanjung Jabung Barat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal (30/3), Bupati DR. Ir. H. Safrial beserta Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, Ketua DPRD Faizal Riza, ST, MM, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Henri Agus Batubara, Dandim diwakili Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus, Ketua DPK IARMI Tanjabbar Jamal Darmawan Sie dan lainnya langsung kunjungi kapal tersebut yang dipimpin oleh Komandan KRI Teluk Sibolga 536 Mayor Laut (P) Amin Wibowo, S.T. 

Sambutan tersebut diiringi dengan perlombaan pompong hias yang dibuka oleh Bupati Tanjab Barat di atas Kapal KRI Teluk Sibolga 536, dan Kegiatan Sunatan Masal serta tidak luput dengan sambutan Tarian Sekapur Sirih. Bahkan tidak terhitung warga Kuala Tungkal berdatangan untuk menyaksikan kedatangan kapal KRI Teluk Sibolga 536.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tanjab Barat mengatakan “Mari kita bersama-sama kedepan melirik ke Pantai Timur Jambi, andai kata terjadi konflik disana kita bisa mundur, kita pasok bahan pangan dari sini, ini yang perlu kita bicarakan kedepan, supaya nanti yang ada di Tanjab Barat ada pelabuhan ekspor-impor, ada lanalnya dan sebagainya, untuk menjawab baik itu ancaman maupun mengambil peluang dari pergeseran yang terjadi di internasional.” ungkapnya



“Tujuan kita kedepan bagaimana Pantai Timur Jambi ini akan menjadi perihatian baik bagi pemerintah provinsi maupun pusat” lebih lanjut dikatanan Bupati.

Mayor Laut (P) Amin Wibowo, S.T.  menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan “Muhibah Maritim ini dalam rangka menumbuhkan semangat atau jiwa kemaritiman karena kita ketahui bersama, kenapa kita ke Jambi karena kita tau dan paham bahwa  usaha-usaha yang dilakukan Gubernur Jambi ini bagaimana untuk mengangkat Jambi ini menjadi kembali ke salah satu kekuatan poros maritim dunia mengingat ancaman kedepan sangat kompleks sekali dibidang laut”. ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan “Kegiatan-kegiatan kemarin yang kita laksanakan disana kita ajarkan ke para Komunitas sosial Alumni Menwa Indonesia tentang situasi kondisi kapal, kehidupan prajurit-prajurit di laut kemudian tentang perairan Indonesia, kekayaan-kekayaan laut Indonesia yang kita punyai, kemudian kerawanan-kerawanan apa saja yang kita punyai, dan bagaimana memanfaatkan segala ancaman tersebut menjadi peluang kita, oleh karena itu kita sebagai angkatan laut mendukung penuh setiap usaha dari tiap-tiap daerah untuk memajukan perekonomian melalui laut kita”. Tuturnya.

KRI Teluk Sibolga 536 adalah Kapal Buatan Jerman tahun 1977 dan merupakan salah satu KRI Kelas Pos yaitu kesatuan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), panjang 90 meter, draf  3.5 meter, ABK sebanyak 80 orang, 8 perwira, disenjatai dengan Mariam 37 milimeter di haluan dan buritan dan meriam anti udara yang ada dikiri dan kanan kapal, mempunyai kekuatan angkut 7 tank, dapat mengangkut sebanyak 400 prajurit dan dapat melakukan menyebar ranjau, hingga sampai saat ini kondisi kapal masih sehat. (Johari)