Damkar Tahun 2018 Akan Bangun Empat Pos

Iklan Semua Halaman

.

Damkar Tahun 2018 Akan Bangun Empat Pos

Sku Metropolitan
Kamis, 05 April 2018

BEKASI, METRO – Dalam meningkatkan pelayanan dan respons time yang baik kepada masyarakan Kabupaten Bekasi, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi akan membangun 4 (Empat) Pos Damkar di tahun 2018 ini.

Adapun empat Pos Damkar Pembantu yang akan dibangun itu rencananya akan berada 4 Kecamatan berbeda di Kabupaten Bekasi seperti di Kecamatan Setu, Sukatani, Kedungwaringin dan Metland Cibitung. 


“Kalau sekarang kita baru memiliki 7 (tujuh) pos yang berada di Cikarang Utara, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Babelan, Tambun Selatan, Marunda Tarumajaya dan satu di Mako (Kantor Dinas Damkar Kabupaten Bekasi-red) di Cikarang Barat,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Sahat MBJ Nahor, Rabu (04/04) siang.

Menurut dia,  dengan wilayah Kabupaten Bekasi yang cukup luas, penambahan Pos Damkar dinilai sangat tepat untuk untuk mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat dan penanganan saat terjadi musibah kebakaran.

“Damkar ini kan butuh tindakan yang respons time. Artinya ketika terjadi kejadian kebakaran maka kita pun harus sesegera mungkin sampai di lokasi. Makanya, Pos Damkar itu idealnya harus dibangun di setiap kecamatan,” kata dia kepada wartawan SKU Metropolitan.

Disinggung tentang sarana prasana dan personil yang dibutuhkan untuk mengisi empat pos baru itu, mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi itu mengatakan Damkar Kabupaten Bekasi telah mengajukan permohonan bantuan sejumlah armadkepa kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat  dan akan mengajukan penambahan personil berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) dalam waktu dekat.

“Ketika kita bangun 4 pos baru, maka di pos itu minimal harus ada 2 mobil damkar. Mobil Damkar sudah kita ajukan ke pemerintah provinsi. Kemarin saya sudah komunikasi dan ternyata sudah masuk ke RKPD online provinsi Jawa Barat. Kalau disetujui otomatis akan membutuhkan personil baru juga sebanyak 72 orang untuk 4 pos baru itu,” kata dia. (Ely/Martinus)