KLHK Bentuk Kanal Komunikasi Kemitraan Lingkungan Jawa Barat

Iklan Semua Halaman

.

KLHK Bentuk Kanal Komunikasi Kemitraan Lingkungan Jawa Barat

Sku Metropolitan
Kamis, 05 April 2018

BEKASI,METRO - Direktorat Kemitraan Lingkungan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lakukan pembentukan kanal komunikasi Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung di Hotel D'Khayangan, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (5/4/2018).


Direktur Kementerian Lingkungan KLHK Jo Kumala Dewi mengungkapkan, pihaknya memang mendapatkan tugas untuk melakukan pembinaan kepada para penerima Surat Keputusan (SK) pendamping Kemitraan Lingkungan. Dengan demikian, ia berharap melalui kanal komunikasi tersebut, sinergitas pihak KLHK dengan para mitra bisa lebih bersinergis. 
"Kita perlu membangun kemitraan untuk mengatasi masalah lingkungan seperti misalnya sampah," ungkapnya.

Menurutnya, Direktorat Kemitraan Lingkungan sendiri memang baru ada sejak 2015. Kendati demikian, di dalamnya berisi sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang tersebut. 
"KL (Kemitraan Lingkungan) ini baru 2015, isinya dulu Deputi VI Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerhati Lingkungan," jelasnya.

Saat ini pihak KLHK tengah konsen melakukan pendampingan pada pengelolaan lingkungan. Untuk itu dibutuhkan pendamping minimal satu orang untuk satu SK pendamping Kemitraan. Pendamping itu sendiri selain dari prioritas kalangan PNS ataupun PKSN, juga ada kemungkinan pendamping Local Champion. 

"Local Champion ini yang pertama punya konsen dalam kepedulian terhadap lingkungan. Banyak kemitraan lingkungan penerima Kalpataru para pejuang lingkungan, inilah orang yang bisa dijadikan pendamping, tinggal diberikan pembekalan tentang pendamping perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan," paparnya. 

Melalui pembentukan kanal komunikasi oleh pihak KLHK, kedepannya setiap persoalan dan solusi lingkungan hidup di Jawa Barat dapat diinformasikan ke publik. Setiap Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) maupun komunitas kemitraan lingkungan KLHK akan bersama menggerakkan kanal komunikasi. (Ely)