Pelepasan Siswa kelas IX Penuh dengan Keharuan

Iklan Semua Halaman

.

Pelepasan Siswa kelas IX Penuh dengan Keharuan

Sku Metropolitan
Selasa, 08 Mei 2018

DEPOK, METRO- Ada pertemuan ada pula perpisaha, demikian kalimat yang pas bagi siswa-siswi SMPN 12 yang melaksanakan acara perpisahan sekaligus Wisuda bagi kelas IX setelah 3 tahun bersama baik duka maupun suka, namun waktu pula yang memisahkan.


Acara perpisahan ini dilaksanakan pada hari Selasa (8/5/2018) di halaman Sekolah, SMP Negeri 12 sendiri. Walaupun dilaksanakan hanya sederhana, namun tidak mengurangi kemeriahan acara ini, terlihat dari tingkat kehadiran orang tua yang boleh dikatakan 100% hadir. Dengan disuguhkan pertunjukan hasil kreatifitas siswa kelas VII dan kelas VIII sebagai bentuk pelepasan kakak kelas mereka yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah ini.

Dengan di dampingi orang tua masing-masing, anak-anak begitu bersemangat dan antusias mengikuti acara demi acara dengan mengenakan pakaian kebaya bagi siswi dan pakaian Jas bagi siswa, dengan terlebih dahulu pengalungan medali kepada anak-anak, yang dilakukan oleh wali kelas masing-masing  dan disaksikan Kepala Sekolah.


Moment yang di tunggu-tunggu adalah ketika prosesi peyerahan kembali siswa-siswi ini oleh pihak sekolah yang di wakili Kepala sekolah, H.Yusuf Spd,MM kepada orang tua murid yang di wakili oleh Ketua Komite Sekolah H.Dana. Sementara anak-anak diwakili satu orang siswi dan satu orang siswa. Prosesi ini adalah menyerahkan kembali anak-anak ini kepada orang tuanya setelah 3 tahun lamanya anak-anak ini di titipkan ke SMP Negeri 12 ini. Dengan bercampur haru dan gembira, perwakilan anak-anak ini menitikkan airmata sambil mengucapkan maafnya kepada Kepala sekolah dan Ketua Komite yang mewakili orang tua.

Menurut ketua panitia, Hj.Desiana, dipilihnya sekolah sebagai tempat perpisahan ini adalah, “biar lebih menghemat, agar jangan terlalu memberatkan bagi orang tua siswa dan juga fasilitas sekolah ini sangat memungkinkan untuk acara seperti ini. Apalagi moment ini hampir berbarengan dengan puasa dan lebaran yang juga harus kita pikirkan,” ujar Desiana, yang juga Ketua anggar cabang Kota Depok. Selain itu, dipilihnya sekolah ini adalah agar anak-anak semakin cinta dengan sekolah ini dan mengingat moment yang ada di lingkungan sekolah. Dessi menambahkan, “perpisahan di sekolah lebih berkesan dibanding pelaksanaannya di luar sekolah, karena nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaannya akan lebih terasa kental,” sambungnya.

Senada dengan Ketua Panitia, Kepala sekolah H.Jusuf Spd,MM mengatakan, walaupun dilaksanakan di sekolah tapi tidak mengurangi  kemeriahan acara ini, lebih hemat tidak terkesan boros. Menurutnya bahwa biaya pelaksanaan ini murni hajat dari orang tua, pihak sekolah hanya memenuhi keinginan orang tua saja. “Kenapa memilih halaman sekolah? jawabannya biar lebih hemat, biarlah orang tua siswa lebih memikirkan biaya anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Tahun ini SMP Negeri 12 Depok melepas siswanya 615 orang, diantaranya 437 Reguler dan 178 yang terbuka. Jusuf mengatakan, “tingkat kelulusanya untuk tahun ini adalah 100% dan menurutnya selama ini fakta membuktikan bahwa, 60-70 persen lulusan SMP Negeri 12 selalu masuk SMA –SMK Negeri,”pungkasnya.

Aden Syahrain, salah satu orang tua siswa yang hadir dalam acara ini, sangat mengapresiasi upaya sekolah dalam melaksanakan perpisahan siswa kelas IX di sekolah. Orang tua jadi terbantu, tidak mengeluarkan dana yang tidak terlalu besar. “Kelihatannya pihak sekolah dan komite sekolah faham betul akan keadaan orang tua yang sebentar lagi akan menyambut puasa dan lebaran,” ujarnya. Aden mengaku, “anak saya duduk di Sekolah terbuka tapi, bagi saya Terbuka dan Reguler sama saja, buktinya anak saya bisa juara disini,” ujarnya.

Acara perpisahan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, M Thamrin juga Ketua Koni Kota Depok, Amri, Ketua komite sekolah  H.Dana, orang tua siswa kelas IX dan juga siswa-siswi SMPN 12 Depok sendiri.( Jalampong R)