Diduga Kurang Maksimal, Pembangunan Stadion Dikebut

Iklan Semua Halaman

.

Diduga Kurang Maksimal, Pembangunan Stadion Dikebut

Sku Metropolitan
Selasa, 17 Juli 2018


BEKASI, METRO - Jelang penyelenggaraan Asian Games bulan Agustus 2018, sampai saat ini persiapan sarana prasarana Stadion Patriot Chandrabaga diduga masih kurang maksimal alias belum juga kunjung selesai.Dari seluruh fasilitas stadion yang masi dalam pengerjaan, diantaranya kursi pemain (bench) dan ruang media centre masih dalam tahap proses.

Adapun lainnya yang masih dalam proses penyelesaian seperti penggantian total rumput lapangan dan drainase, penggantian scoring board, penomoran tempat duduk penonton, penambahan daya lampu, serta pengurangan kapasitas kursi penonton sebanyak 1.000 kursi.

Guna memastikan kesiapan Stadion Chandrabaga, Lima Anggota Komisi X DPR RI berkunjung sekaligus memantau fasilitas yang terdapat di dalam stadion didampingi Penjabat Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah dan Kepala Dispora Kota Bekasi Tedi Hafni Tresnadi.

Lima Anggota Komisi X DPR RI yang ikut dalam rombongan diantaranya, Djoko Udjianto, Hj. Ledia Hanifa Amaliah, Ferdiansyah, Laila Istiana dan Popong Otje Djundjunan.

"Komisi X salah satunya bermitra dengan Kemenpora kemarin kota mengadakan rapat gabungan dengan Kemendikbud, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif. Saya sungguh bangga persiapan yang relatif singkat, namun kita bisa menyelesaikan persiapan menghadapi Asian Games 2018," tandas Djoko Udjianto kepada awak media, Kamis (12/07).

Bicara soal kesiapan jelas Djoko, sudah pasti siap. Namun yang menjadi perhatian serius terkait persyaratan secara teknis yang harus diperhatikan. Sehingga bukan hanya sukses penyelenggaraan, tetapi juga sukses prestasi, pelaporan dan meningkatkan ekonomi daerah.

"Kemenpar menargetkan wisata mancanegara yang datang pada penyelenggaraan Asian Games 2018 sebanyak 170 ribu orang. Cukup besar juga kontribusi yang diberikan kalau saja mereka mengeluarkan uang setiap minggunya 1000-1200 US Dollar," katanya.

Terkait perolehan medali, ungkap Djoko, targetnya masuk dalam peringkat 10 besar dan mudah-mudahan bisa bertengger di peringkat ketujuh dari 40 negara yang ikut Asian Games," katanya.

Penjabat Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah memastikan seluruh proses penyelenggaraan dari sisi infrastruktur sudah siap. Dirinya mengaku bersyukur, pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Kota Bekasi untuk menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Asian Games.

"Insyallah siap secara infrastrutktur, sangat bersyukur sekali karena tidak seluruh kabupaten kota diberikan kesempatan ini," katanya.

Ruddy kembali menegaskan, terlepas dari apapun Pemkot Bekasi mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat dan sokongan Komisi X DPR RI.

"Mohon doa restu agar pada waktu pelaksanaan berjalan lancar. Pada prinsipnya kami siap mensukseskan Asian Games 2018," katanya.

Sementara itu Kadispora Kota Bekasi Tedi Hafni Tresnadi mengungkapkan, terdapat beberapa titik Stadion Patriot Chandrabaga yang dibenahi jelang Asian Games 2018. Diantaranya penggantian total rumput lapangan dan drainase, penggantian scoring board serta penomoran tempat duduk penonton.

"Hal lain yang sedang di garap ruangan media centre untuk awak media. Lalu penambahan daya lampu untuk meningkatkan kualitas pencahayaan di stadion. Bahkan kapasitas penonton awalnya 30 ribu tempat duduk dikurangi menjadi 29 ribu tempat duduk sesuai standar FIFA, termasuk untuk penyandang disabilitas," tukasnya. ( Martinus )