PJU Jalan Raya Sadang-Subang “ Ditilep”

Iklan Semua Halaman

.

PJU Jalan Raya Sadang-Subang “ Ditilep”

Sku Metropolitan
Rabu, 15 Agustus 2018

SUBANG, METRO - Dinas Perhubungan  Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2017 telah melaksanakan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan Sadang – Subang senilai Rp 803.143.646,30, dikerjakan CV Energi Utama. Pekerjaan tersebut diduga tidak sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan dalam kontrak kerja. Hal itu dikatakan, Drs Holder S, Ketua DPP LSM Peduli Anak Bangsa (PAB) Jakarta kepada wartawan SKU Metropolitan baru- baru ini.

Drs Holder menjelaskan, proyek pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tahun anggaran 2017 di jalan Sadang - Subang dari data LPSE berjumlah tiga puluh (30) titik. Tetapi kenyataan dilapang hanya ada delapan belas (18) titik. Proyek pembangunan pemasangan PJU tersebut dilaksanakan CV Energi Utama. Diduga pelaksana pekerjaan proyek bekerja sama dengan pengguna anggaran untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari kegiatan itu dengan cara mengurangiVolume yang telah tertuang di Rencana Anggaran Biaya (RAB), katanya.

Drs Holder menambahkan,  Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sebagai pengguna anggaran seharusnya melakukan pengawasan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum tersebut, mulai dari titil Nol hingga selesai.  Dengan adanya dugaan pengurangan Volume LPJU sebanyak dua belas (12) titik, maka kontraktor sebagai pelaksana kegiatan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Apakah hanya kontraktor yang mendapatkan hasil pengurangan Volume itu atau bekerja sama dengan pengguna anggaran?. Kami menduga kontraktor tidak berani melakukan pengurangan volume tanpa persetujuan pengguna anggaran, tuturnya.

Menurutnya, dari nilai proyek sebesar Rp 803.143.646,30, kalau dihitung setiap titik menelan biaya sebesar Rp 26.771.454/ tiang, dikalikan dua belas (12) menjadi Rp 321.257.458, dana Negara yang diraup oleh pelaksana pembangunan. Diduga kontraktor bersekongkol dengan pengguna anggaran untuk memperkaya diri sendiri dari hasil proyek tersebut, jelasnya.

Pengamatan wartawan SKU METROLITAN dilapangan, jalan Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Purwakarta dengan Kabupaten Subang, ada depan belas Lampu Penerangan jalan Umum yang dibangun tahun anggaran 2017. LPJU tersebut berada di sebelah kiri jalan dari arah Sadang menuju Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Wantilan Kecamatan Cipendey. (Deny/dpt)