Dirjen Budidaya Perikanan Tebar Benih Ikan Bandeng Di Situ Citapen

Iklan Semua Halaman

.

Dirjen Budidaya Perikanan Tebar Benih Ikan Bandeng Di Situ Citapen

Sku Metropolitan
Minggu, 23 September 2018

SUBANG, METRO- Direktorat Jendral (Dirjen) Budidaya perikanan Indonesia bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kelautan (Diskanlau) Kabupaten Subang menebar 125.000 Benih ikan Bandeng Air tawar di Situ Citapen di Desa Parapatan Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang-Jawa Barat, Jumat (21/09/2018).

Dalam penebaran benih ikan tersebut secara langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Perika nan Kelautan Kab.Subang H.E Kusdinar bersa ma perwakilan Dirjen Perikanan Indonesia, Surya (43) beserta unsur Muspika Kecamatan Purwadadi.

Selain itu turut hadir dalam penebaran benih ikan itu,  Kepala Desa Parapatan, Kepala Desa Pagon, Tokoh masyarakat Purwadadi Bambang Herdadi, dan Karang Taruna Kecamatan Purwadadi.

Kepala Dinas Perikanan Kelautan, Kab. Subang H.Kusdinar mengatakan, bahwa penebaran behih ikan bandeng di situ Citapen ini salah satu im plementasi program restoking.sesuai tujuan nya, agar bermanfaat untuk masyarakat dan meningkatkan konsumsi ikan, dan gemar makan ikan.

“Penebaran benih ikan bandeng di air pantauan merupakan percontohan hasil rekayasa geneti ka karena sebenarnya ikan bandeng itu tidak bisa hidup di air payau,” kata Kusdinar 

Menurut Perwakilan Kementrian Perikanan, Surya bahwa restoking ini salah satu program dari kementrian kelautan perika nan, direktorat Jendral Budidaya perikanan.

Kemudian program ini, sudah dilakukan sejak 4 hingga 5 tahun yang lalu, dan berbagai tempat di indonesia, diantaranya di bengkulu, sumatra, bangka belitung dan di jawa.

”Ya, termasuk di jawa barat kali ini di Situ Cita pen-Purwadadi dan harapan kami dari kemen trian Perikanan dan kelautan, penebaran ikan ini bisa di jaga dan  bemanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Tokoh masyarakat Purwadadi Bambang Herdadi sangat menyambut baik dengan adanya program penebaran benih ikan bandeng di situ citapen ini.

“Kita berharap tebar benih ikan bandeng ini akan jaga bersama-sama untuk enam bulan kedepan jangan dulu di panen atau pun di jala dan selain itu Kita juga sudah konfirmasi terle bih dahulu kepada mereka para pencari ikan agar tidak dulu di panen, dan kalau mau di panen setelah mencapai 6 bulan kedepan,” pungkasnya. *Deny/Abh*