Puluhan Mbok Jamu di Tulungagung, Ikuti Lomba Jamu Gendhong

Iklan Semua Halaman

.

Puluhan Mbok Jamu di Tulungagung, Ikuti Lomba Jamu Gendhong

Sku Metropolitan
Jumat, 28 September 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Sebanyak 60 orang penjual jamu gendhong bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik ,dalam lomba jamu gendhong yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Selasa(25/9/2018).


Bukan saja ketrampilan dalam meracik jamu ,para mbok jamu ini juga diwajibkan cara berpromosi jamu yang dijual lewat kata-kata dan bahkan berpromosi lewat lagu.

Menurut Kasi pembekalan Farmasi Dinkes Tulungagung,Masduki,lomba ini sekaligus untuk seleksi yang akan dikirim ke lomba tingkat Provinsi Jawa Timur.
"perwakilan dari Tulungagung selalu dapat juara,tapi pemenang tahun lalu dilarang ikut lomba , agar ada juara baru," terangnya.

para peserta disaring dari masing-masing Puskesmas tingkat Kecamatan dengan harapan mampu untuk melestarikan jamu gendhong,salah satu kekayaan budaya pengobatan tradisional yang dimiliki bangsa.
"harapan kami ,para pembuat jamu bisa memproduksi jamu dengan standart kesehatan ,dan memberikan manfaat," kata Masduki.

Sementara itu,salah seorang peserta lomba Liliik Maryati(40) , mengatakan, lomba jamu ini bukan hanya menguji ras dan komposisi jamu ,namun juga untuk berbagi ilmu dengan dewan juri .
"jadi kita dapat ilmu baru ,rasanya kurang apa , komposisinya kurang apa,semua diajari juri," ucap Lilik.

Kriteria lomba jamu gendhong ini ada empat,yaitu wawasan tentang jamu,sanitasi yang higenis,komposisi jamu dan penampilan penjual jamu.(SAR)