Angin Puting Beliung Porak Porandakan 2 Kecamatan

Iklan Semua Halaman

.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 2 Kecamatan

Sku Metropolitan
Senin, 15 Oktober 2018


LAMPURA - METRO- Angin puting beliung yang disertai hujan deras rusak rumah warga, 3 unit rumah rusak sedang dan 1 unit ambruk rata dengan tanah. Peristiwa ini terjadi di dua Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara. Minggu sore (14/10/2018) sekitar pukul 17:00 wib.

Adapu dua Kecamatan yang dilanda angin puting belung diserta hujan deras antara lain, Kecamatan Abung Timur dan Kecamatan Kotabumi. Kecamatan Abung Timur, sedikitnya 3 rumah warga dinyatakan rusak. Sedang Kecamatan Kota Bumi dusun I, Desa Margo Rejo, rumah ambruk rata dengan tanah.

Ketika dikonfirmasi, Andi Sabak, Kepala Desa Margo Rejo, saat berada dirumah korban, menjelaskan bahwa rumah milik Aman (50) rusak berat, kondisinya rata dengan tanah, bahkan penghuninyapun mengalami cidera. Anak-anak korban luka akibat tertimpa atap bangunan saat puting beliung.

Dijelaskannya, saat hujan yang disertai angin kencang mengguyur wilayah dusun I, Waspada Aman beserta keluarga berada diruang tengah, secara tiba-tiba rumah itu ambruk dan menimpa penghuninya, rumah bata merah itu roboh dan melukai keluarganya. Selain Aman, istri dan dua anaknya, mengalami luka dibagian kepala. Istri Aman, mengalami luka robek dibagian kepala saat ini sedang mendapat penanganan secara medis, tuturnya.

“Kerugian yang dialami keluarga Aman mencapai ratusan juta, karena selain rumah yang rata dengan tanah, semua perabotan rumah tangga juga ikut rusak akibat tertimpa bangunan bata merah tersebut.” papar andi

Terpisah, Hamami. Kabid pencegahan dan siagaan bencana BPBD Lampung Utara saat dikonfirmasi, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan secara rinci terkait bencana angin puting beliung yang terjadi diwilayah Kabupaten Lampung Utara Minggu sore.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi, Anton Sugiharto,S.Kom, mengatakan, tujuan dari e-layanan Data, tujuan nya untuk mempermudah akses permohonan data. Dengan sistem e-layanan Data ini dapat mengakses secara Online seluruh data yang di butuhkan pihak swasta, instansi pemerintah Daerah, dan masyarakat khususnya di Lampung. Adapun data data tersebut meliputi ; Data Petir, Data Curah Hujan, Gempabumi dan Tsunami, Data Iklim,dan lain-lain.

Semoga kedepan dengan adanya e-Layanan Data ini, BMKG dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal, cepat dan tepat kepada seluruh masyarakat yang berada di Propinsi Lampung. (Juwaini Ahmad)