Dinkes Tulungagung Dan AMCF Adakan Khitanan Massal

Iklan Semua Halaman

.

Dinkes Tulungagung Dan AMCF Adakan Khitanan Massal

Sku Metropolitan
Senin, 08 Oktober 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Bertempat di gedung Husada Bhakti Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dilaksanakan kegiatan Khitanan massal bekerjasama dengan Asian Muslim Charity Foundation (AMCF), Sabtu pagi (6/10/2018).


Khitanan massal ini bertujuan untuk meningkatkan keshalehan sosial dengan berbagi dan mengabdi ,tak kurang 100 peserta anak-anak dengan usia rata-rata 11 tahun dari seluruh penjuru Kabupaten Tulungagung ikut dalam Khitanan ini.

Didalam gedung Husada Bhakti sudah dipersiapkan berbagai fasilitas diantaranya kamar untuk khitan dan tim Medis dari Dinkes Tulungagung sendiri agar pelaksanaan berjalan lancar,hampir seluruh peserta khitan yang didampingi oleh keluarganya menampakkan Ekspresi ketakutan,diam bahkan ada yang menangis.


Sementara itu,pelaksana kegiatan perwakilan dari AMCF Akhyar Rasyidi,LC,M,Hi menyatakan, " kegiatan ini merupakan langkah kongkrit dari yayasan AMCF sebagai bentuk kegiatan sosial,jadi bukan hanya khitan saja," jelasnya.

Lebih lanjut Akhyar mengatakan ,Selain bekerjasama dengan Dinkes ,AMCF juga bekerjasama dengan Dinas Sosial dengan saling berbagi,jangkauan saat ini untuk Jawa Timur.
"Dengan khitanan massal ini kita memperkenalkan Kesehatan,hal yang utama adalah Sunah ," katanya.

Dia menambahkan," seseorang yang mengaku dirinya Muslim,maka sejak kecil harus diajarkan Agama Islam,dan setiap orang yang berAgama Islam harus belajar untuk berkorban ,anak-anak yang mengikuti khitan akan lebih baik dari sebelumnya," terangnya.

Peserta khitan massal mendapatkan bingkisan dari AMCF agar nanti berguna bagi mereka,seperti sarung,baju muslim,kopiyah dan sejumlah uang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung,Mochammad Mastur,MM menjelaskan,AMCF sering bekerjasama dengan Dinkes Tulungagung ,termasuk diwaktu operasi Katarak .kini Dia membiayai pelaksanaan Khitan massal,
"Target kita 100 anak,dan pemberitahuannya melalui Puskesmas dan Peskesmas Pembantu se-wilayah Kabupaten Tulungagung,ini bukan agenda melainkan program kesehatan,salah satunya Khitanan Massal," jelasnya.

Melihat antusias masyarakat yang tinggi,maka Dinkes dan AMCF meminta dukungan agar kedepannya kegiatan ini dapat terus dilakukan.(Sar)