Maryoto Birowo : Mutasi Baru Bisa Dilakukan Tahun Depan

Iklan Semua Halaman

.

Maryoto Birowo : Mutasi Baru Bisa Dilakukan Tahun Depan

Sku Metropolitan
Rabu, 03 Oktober 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, mengakui,saat ini banyak posisi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong. Baik itu ditingkat Kepala,Kabid,maupun Kasi. Banyak diantara mereka yang pensiun maupun meninggal dunia
"Diakui atau tidak, memang banyak kekosongan jabatan di OPD di Pemkab," kata Maryoto beberapa waktu lalu.



Menurut Dia,sebenarnya pihaknya ingin segera mengisi kekosongan jabatan yang lowong tersebut.namun,kemungkinan besar baru bisa dilakukan tahun depan.mengingat aturan,mutasi jabatan baru bisa dilakukan setelah enam bulan setelah pelantikan Kepala Daerah.

"Kalau bisa sesegera melakukan mutasi,tapi aturannya tertulis baru bisa dilakukan setelah enam bulan menjabat," jelasnya.

Untuk mutasi memang harus melalui beberapa tahap,yakni harus berkonsultasi maupun berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). karena proses ini baru bisa dilakukan jika izin Formalitas dan Legalitas terpenuhi.

"Harus ada izin tertulis dahulu sebelum melakukan mutasi," katanya 

Agar sesuai dengan harapan Pemprov Jatim mengenai tata kelola Pemerintahan yang benar-benar sesuai yang diharapkan,maka dalam melakukan mutasi juga harus melakukan Penilaian dalam prosesnya,sehingga bisa diketahui Kompetensi personal dari calon pejabat bersangkutan.

"Dalam proses penilaian harus melihat kompetensi personal.jika memenuhi,bisa saja diusulkan untuk naik pangkat jabatan," tutur Pria kelahiran Besuki Tulungagung ini.

sekedar diketahui, pada bulan Agustus 2018 lalu,jumlah jabatan yang lowong mencapai 80-an jabatan di eselon II,III dan IV bukan mustahil saat ini banyak pejabat yang harus rangkap jabatan untuk mengisi kekosongan.(Sar).