Pemda Golontorkan Dana Segara Ratusan Milliar Ke PDAM TB

Iklan Semua Halaman

.

Pemda Golontorkan Dana Segara Ratusan Milliar Ke PDAM TB

Sku Metropolitan
Kamis, 25 Oktober 2018


BEKASI, METRO - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengajukan usulan  penyertaan modal pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Tirta Bhagasasi Bekasi 
lima tahun kedepan, yakni tahun 2018-2022 sebesar Rp 906.237.325.000.


Usulan permohonan awal yang diajukan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 sebesar Rp250 Milliar.

Namun Panitia Khusus (Pansus) 29 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, belum bisa menyetujui seluruhnya dan setujui untuk skala prioritas terlebih dahulu Ta 2018 sebesar Rp.197.973.477.000,

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pansus 29 DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno, usai mengelar Rapat Paripurna Persetujuan DPRD terhadap Perubahan atas Perda No 4 tahun 2015 tentang Penyertaan Modal Pemkab Bekasi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Baghasasi Untuk ditetapkan Menjadi Peraturan Daerah

Bahwa kewajiban penyediaan air bersih merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah, "Namun  tentulah harus disesuaikan juga dengan kemampuan keuangan daerah,"jelas Nyumarno. 

"Didapat dari data Pemerintah Daerah Kab Bekasi sepanjang dari tahun 2002 sampai  Raperda dibahas total penyertaan modal kepada kepada PDAM Tirta Bhagasasi sebesar Rp 236.550.681.158,80,"ujar Nyumarno dari fraksi PDI Perjuangan. 

Sambungnya, setelah konsultasi dan kunjungan kerja (kunker)  ke berbagai tempat, didapatkan data perhitungan kebutuhan air bersih untuk 1 jiwa penduduk besaran kebutuhan sarana pra sarana sampai air bersih sampai bisa dinikmati adalah sebesar Rp. 8 juta - Rp.10 juta ,- per/jiwa.Sehingga, jika asumsi kebutuhan anggaran penyediaan air bersih untuk misalkan 3 juta penduduk Kabupaten Bekasi agar tercukupi air bersih, maka perhitungannya dibutuhkan anggaran kurang lebih sebesar 2,4 Triliun.

Untuk Anggaran yang telah disetujui Nyumarno menjelaskan dipergunakan untuk ,Instalasi Pengelolaan IPA (Pembangunan IPA, Pembuatan Reservoir, dan Pembuatan Boosterpump);Jaringan Distribusi Utama (Pengadaan dan Pemasangan JDU serta Pembuatan Jembatan Pipa dan Penguatnya);Pembelian Lahan untuk Instalasi dan Pemasangan Sambungan Langganan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. (Ely/Martinus).