Pokja Pemilihan UKPBJ Dinilai Lamban menentukan pemenang tender

Iklan Semua Halaman

.

Pokja Pemilihan UKPBJ Dinilai Lamban menentukan pemenang tender

Sku Metropolitan
Sabtu, 20 Oktober 2018


DEPOK, METRO- Metropolitan.com Depok–Penyerapan Anggaran Tahun 2018 di Kota Depok sepertinya akan terhambat lagi seperti sebelumnya, Pasalnya sampai saat ini dari puluhan paket tender dapat di lihat dan akses pada website http://lpse.depok.go.id/eproc/  masih pada tahapan evaluasi penawaran, evaluasi dokumen kualifikasi dan pembuktian kualifikasi.

Dir Hum & Ham DPP LSM, Tonny, pada Metropolitan.com sesuai dengan pemantauanya mengatakan pada proses tender di Kota Depok sampai saat ini masih berproses dan dipastikan ada keterlambatan. Dengan keterlambatan proses tender proyek Fisik kata Tonny ada beberapa hal yang membuat tahapan tender tersebut lambat saat berbincang - bincang di Kantor DPC LSM PENJARA, Jalan Margonda Raya No 48 B Kota Depok, kamis 18/10.

Lanjut Tonny untuk keterlambatan proses tender pastinya akan berpengaruh terhadap penyerapan APBD, proses pengerjaan, hasil serta kualitas hasil pekerjaan oleh rekanan.

“Saya tidak bisa mengatakan siapa yang salah. Intinya adalah jika proses perencanaan cepat maka proses tender juga cepat,” ujarnya.

Sementara itu saat diminta menanggapi proses tender di Kota Depok,  Salah seorang penggiat anti korupsi, Ivan, M, S.H pada Metropolitan.com  pada sambungan seluler mengatakan, proses tender di Kota Depok diduga sarat kepentingan yang mengakibatkan Pokja Pemilihan, Unit Kegiatan Panitia Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kota Depok sulit menentukan pemenang tender.

Hal ini menurut kami sudah tidak sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan APBN/APBD dan dilatarbelakangi oleh urgensi penyederhanaan proses pengadaan barang dan jasa. Namun Pokja Pemilihan Kota Depok dalam melaksanakan tender satu paket pekerjaan butuh waktu sekitar 58 hari kerja atau 75 hari kalender bisa di akses oleh masyarakat di website   http://lpse.depok.go.id/eproc/ dimana tahapan tender sampai beberapa kali perubahan. (Jalampong)