Walikota Naik Perahu Karet Sisir Kali Bekasi.

Iklan Semua Halaman

.

Walikota Naik Perahu Karet Sisir Kali Bekasi.

Sku Metropolitan
Sabtu, 27 Oktober 2018


BEKASI, METRO-Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melakukan kegitan program aksi bersih bersih Kali bekasi (Prokasi).


Mengawali acara, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi telebih dahulu menanam pohon trembesi.

Setelah itu, Pepen menaiki perahu karet menyisir Kali Bekasi dari Bantargebang menuju Pangkalan Bambu ,jum'at (26/10/2018).

"Kalau dilihat-lihat di hulunya ini airnya masih bagus.Tapi dampaknya ke hilir,” jelas Pepen di jalan pangkalan 3, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Terkait beberapa hari yang lalu, Kali Bekasi terlihat dipenuhi busa dan sampah,bau menyengat juga tercium di sekitar kali.

Menangapi itu, Pria yang akrab disapa Pepen mengatakan sudah berkordinasi dan menyerahkan sampel air kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia

"Pemkot Bekasi telah melapor ke Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia terkait masalah pencemaran Kali Bekasi," ujar Pepen.

“Saat ini menurut informasi Kementerian Lingkungan Hidup ada 7 perusahaan di pinggir Kali Cikeas sudah masuk penanganan kasus hukum sedangkan 8 lagi di aliran sungai Cileungsi,” ujar Pepen.

Harapan Walikota, Mudah-mudahan bukan dari perusahaan di Kota Bekasi karena disini saya pun sempet langsung menutup atau menyegel perusaahan yang melakukan pencemaran.

"Akibatnya kita pun rugi warga pekerja pun menjadi pengangguran. Ini jadi momen baik agar perusaahan bisa melakukan tanggung jawabnya,” ucap Pepen.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Lutfie mengatakan kegiatan bersih-bersih Kali Bekasi ini hanya pengangkatan sampah di pinggir kali. Setelah itu, akan dilakukan pengawasan dan pembekalan kepada masyarakat sekitar pinggir kali.

“Pengangkatan sampah di pinggir kali. Nyisir di pinggir. Ini (kali) kita bersihkan, pinggirnya kita tanami pohon sambil kita memberikan informasi pengetahuan masyarakat pinggir kali supaya tidak buang sampah disini,” ujar Jumhana.

Pantauan dilokasi aksi bersih-bersih Kali Bekasi ini diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Polres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507 Kota Bekasi,hingga beberapa komunitas pencinta lingkungan.(Martinus).