Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tahun 2018

Iklan Semua Halaman

.

Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tahun 2018

Sku Metropolitan
Jumat, 16 November 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Dinas Perikanan kabupaten Tulungagung menggelar lomba kreasi masakan berbasis ikan dan lomba mewarnai ikan tingkat pelajar TK hingga SMA/SMK se-Kabupaten Tulungagung dalam rangka hari jadi Kabupaten Tulungagung ke-813, bertempat dilapangan tenis indoor Dinas perikanan Tulungagung,Kamis(15/11/2018).


Lomba ini,merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan berbahan baku ikan .

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Bupati Tulungagung,Drs.Maryoto Birowo,MM serta dihadiri oleh Ibu Tim penggerak PKK kabupaten Tulungagung,kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung,kepala Cabang Dinas pendidikan Provinsi Jatim,kepala DLLAJD kabupaten Tulungagung,serta Muspika Kecamatan Boyolangu.


Dalam sambutanya, Plt.Bupati Maryoto Birowo atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung,menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan  lomba mewarnai ikan, lomba kreasi masakan berbasis ikan dan lomba produk olahan serba ikan yang diselenggarakan oleh dinas perikanan Kabupaten Tulungagung 2018.

Maryoto Birowo menambahkan,kegiatan ini merupakan tantangan bagi para pelajar untuk terus mengembangkan kemampuan berkreasi tentang pengolahan makanan berbahan baku ikan sehingga dapat mendukung dalam upaya menciptakan ketahanan pangan Nasional dan modal akan kebutuhan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri.

Seperti kita ketahui,bahwa kabupaten Tulungagung merupakan lumbung penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia ,rata-rata perbulan kabupaten Tulungagung dapat menghasilkan ikan sebanyak 57 ton ikan .

Sementara itu,kepala Dinas perikanan kabupaten Tulungagung,Ir.Tatang Suhartono,MSi dalam sambutanya yang diwakili oleh Kepala Bidang bina usaha perikanan,Ir.Rodi,MMA. menyampaikan , bahwa maksut dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya bagi masyarakat kabupaten Tulungagung yang saat ini baru sekitar 37,3 kg per tahun per orang.

Selain itu,kegiatan ini juga untuk meningkatkan ragam olahan berbahan dasar ikan ,memperkenalkan berbagai produk olahan berbahan dasar ikan,merangsang kreatifitas untuk menciptakan menu baru berbahan baku ikan, menyebarluaskan informasi potensi perikanan di kabupaten Tulungagung, mendorong para pelaku usaha perikanan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk hasil perikanan serta mendorong agar ikan tergolong menjadi bahan pangan pokok. ( Sar).