Operasi Zebra Krakatau 2018 Ratusan Pengendara Ditilang

Iklan Semua Halaman

.

Operasi Zebra Krakatau 2018 Ratusan Pengendara Ditilang

Sku Metropolitan
Rabu, 07 November 2018


LAMPURA -METRO- Hingga hari keempat, Operasi Zebra Krakatau 2018 di Lampung Utara (Lampura), sejumlah 517 pengendara ditilang Sat Lantas Polres Lampura.


Kasat Lantas Polres Lampung Utara, AKP. M. Yani, S.I.K. mewakili Kapolres AKBP. Budiman Sulaksono, S.I.K., mengatakan, hingga hari keempat Ops. Zebra Krakatau, pihaknya telah memberikan sanksi tilang kepada 517 pengendara, dengan rincian pengendara motor 445 orang dan 72 pengemudi mobil.

“Pelanggaran yang ditemukan pada pengendara sepeda motor kebanyakan tidak menggunakan helm saat berkendara. Sementara, pelanggar pengemudi mobil karena tidak menggunakan sabuk pengaman. Untuk SIM yang kami amankan sejumlah 156, sedangkan STNK berjumlah 361,” jelas AKP M. Yani, Sabtu (3/11).

Dikatakannya, razia itu dilakukan secara terus-menerus setiap hari dengan lokasi yang berpindah-pindah. “Sasarannya, pengendara yang menggunakan handphone saat berkemudi, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan helm, pengemudi mabuk / menggunakan narkoba, pengemudi berkendara dengan kecepatan lebih,” urai Kasatlantas.

Dijelaskan, dari itu semua, terbanyak yang melakukan pelanggaran lalu lintas, yakni berprofesi sebagai karyawan swasta, pelajar, dan mahasiswa.

Dalam Ops Zebra Krakatau 2018, lanjut Kasat, pihaknya tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas, tetapi juga melaksanakan sosialisasi kepada para pelajar dan aparatur sipil negara.

“Kami juga intens sosialisasi di radio, media massa, serta media sosial, agar masyarakat tetap menatuhi peraturan lalu lintas selama berkendara,” pungkas AKP M. Yani.(WANI)