Tingkatkan Kompetensi, Puluhan Jurnalis Ikuti UKW

Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan Kompetensi, Puluhan Jurnalis Ikuti UKW

Sku Metropolitan
Rabu, 21 November 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Sedikitnya 24 wartawan dari berbagai daerah mengikuti kegiatan uji kompetensi wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) bertempat di gedung KB3S Surabaya,Senin (19/11/2018).


Ketua umum PJI,Hartanto Bukhori dalam sambutanya mengatakan,kegiatan UKW ini sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme serta kompetensi wartawan anggota PJI diseluruh Indonesia.


"Saya yakin dari kegiatan UKW ini akan terlahir wartawan yang teruji dan disiplin serta taat kode etik jurnalistik dan UU Pers," ucapnya.

Namun selain memberikan dukungan dan apresiasi,dalam kesempatan tersebut Hartanto Bukhori menyayangkan kepada wartawan yang belum mengikuti kegiatan tersebut.

"Sayang sekali dari 50 orang yang mendaftar hanya 24 orang yang ikut UKW,padahal adanya UKW harusnya justru diapresiasi, karena ini untuk kepentingan wartawan," imbuhnya.

Padahal menurutnya,dengan mengikuti kegiatan tersebut wartawan dapat memiliki sertifikat sekaligus kepastian hukum jika terjadi permasalahan dilapangan.

Sementara itu ketua Dewan Pers yang diwakili oleh Anggota Dewan pers  Imam Wahyudi dalam sambutanya menuturkan, pada intinya berpesan agar setiap pelaku pers mematuhi UU pers dan KEJ.

"Pemberitaan tanpa kode etik jurnalis dapat "membunuh" banyak orang,bukan semua orang yang melakukan kewartawanan bisa disebut wartawan," tegas Imam.

Imam mencontohkan,berkelahi dijalanan sangat berbeda dengan berkelahi diatas ring,walaupun sama-sama adu jotos, namun kalau sampai berakibat fatal dan salah satu meninggal atau luka berat ,yang bertinju secara resmi tidak bisa diproses hukum,sebaliknya yang berkelahi diluar ring maka dapat dihukum.

Tim penguji UKW yang ditunjuk oleh dewan pers adalah UPN Veteran Yogyakarta,sedang nama-nama penguji ialah,   Subhan Afifi, Susilowati,Arif Wibowo,Agung Prabowo dan Saibansah Dardani.

Dari ke 31 peserta UKW,4 peserta ditolak karena tidak memenuhi persyaratan,2 peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir,dan 1 peserta di diskualifikasi, sedangkan sisanya14 peserta dari berbagai kategori baik muda, madya dan utama dinyatakan berkompeten sedangkan 10 peserta dinyatakan belum berkompeten.(Sar)