Puncak Hari Jadi Tulungagung ke- 813, Sigid Ariyanto Ndalang di Pendopo

Iklan Semua Halaman

.

Puncak Hari Jadi Tulungagung ke- 813, Sigid Ariyanto Ndalang di Pendopo

Sku Metropolitan
Senin, 03 Desember 2018


TULUNGAGUNG, METRO- Puncak acara hari jadi ke-813 kabupaten Tulungagung ditandai dengan gelaran wayang kulit yang dibawakan dalang kondang asal Rembang Jawa Tengah,Ki Sigid Ariyanto,dengan lakon Babat Alas Wonomarto di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso,Jumat malam ( 30/11/2018).


Pagelaran ini merupakan yang pertama setelah Plt.bupati Tulungagung,Maryoto Birowo dilantik pada bulan September 2018 lalu.

Hadir dalam puncak hari jadi Tulungagung ini ,unsur Forkompinda,Sekda Tulungagung,OPD lingkup Pemkab Tulungagung,Camat se-Tulungagung,tokoh masyarakat,kades se-kabupaten Tulungagung serta para tamu undangan.



Kegiatan rutin tahunan ini juga digunakan oleh Pemerintah daerah kabupaten Tulungagung untuk memberikan berbagai penghargaan kepada masyarakat yang berprestasi.

Dalam sambutanya Plt.bupati Tulungagung Maryoto Birowo berharap kondisi Tulungagung yang kondusif ini tetap dipertahankan dalam menghadapi pemilu Presiden dan pemilu legislatif pada tahun 2019 mendatang.

"pilihlah yang terbaik,dan pilihlah sesuai hati nurani," himbau Maryoto.

Gelaran wayang kulit ini ditandai dengan penyerahan tokoh wayang dari Maryoto Birowo kepada Ki Dalang Sigid Ariyanto.

Meski kota Tulungagung sempat diguyur hujan,namun ribuan penonton yang menyaksikan pagelaran wayang kulit tak beranjak dari pendopo untuk mengikuti alur cerita wayang yang sangat populer di masyarakat ini.

Selain itu,masyarakat juga dihibur sinden tersohor dengan suara emas nan cantik yaitu, Lusy Brahman serta lawak kondang Topan dan Polo.

Selanjutnya acara dipagi hari diadakan ruwatan yang dilakukan oleh Ki Dalang Sigid Ariyanto pada Sabtu (1/12/2018),Acara ruwatan ini berlangsung lancar dan sesuai rencana.(Sar)