BPR Bank Daerah Gelar Gathering Bersama Plt Bupati dan OPD

Iklan Semua Halaman

.

BPR Bank Daerah Gelar Gathering Bersama Plt Bupati dan OPD

Sku Metropolitan
Senin, 21 Januari 2019


Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tulungagung dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso/ Senin(21/1/2019) (istimewa/sar)

TULUNGAGUNG, METRO- Dengan semakin berkembangnya bank-bank di Kabupaten Tulungagung baik perbankan Syariah maupun konvensional kualitas layanan menjadi strategi dalam mengatasi ketatnya persaingan di dunia perbankan.

Sebagai milik Pemerintah daerah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Daerah Tulungagung mengadakan pertemuan (gathering) bersama Pelaksana tugas (Plt) Bupati Tulungagung dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin(21/1/2019) di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung.

Hadir dalam gathering tersebut Plt Bupati Tulungagung, para kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung, para Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tulungagung dan para tamu undangan.

Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bank BPR daerah Tulungagung adalah perbankan milik daerah Kabupaten Tulungagung yang ingin berkiprah untuk masyarakat Kabupaten Tulungagung, khususnya dalam hal masalah regulasi bantuan permodalan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"BPR daerah Tulungagung telah meningkatkan kinerjanya dengan hasil yang cukup bagus yang selama ini telah dicapai dan apa yang telah dicapai dapat memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah terhadap Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Tulungagung," ungkapnya.

Maryoto menambahkan, kinerja BPR daerah Tulungagung harus dipacu kinerjanya dengan sarana dan prasarana yang memadai, misalnya dengan membuka kantor cabang di seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung dan ditingkatkan Sumber daya manusia (SDM) guna memberi pelayanan prima kepada masyarakat khususnya dalam bidang perbankan.

"Sebagai badan usaha yang didirikan oleh Pemkab Tulungagung diharapkan dapat memberi kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk APBD Kabupaten Tulungagung," harapnya.

Sementara itu, Direktur utama (Dirut) BPR  daerah Tulungagung, Gatot Sugihardjo, menyampaikan, dengan bergantinya Perusahaan Daerah ((PD) BPR bank daerah Tulungagung menjadi Perseroan Terbatas (PT) nantinya diharapkan manajemen akan lebih fleksibel, sebelumnya harus meminta persetujuan dengan Dewan dan lainya nanti tinggal Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

"Dengan perubahan dari PD ke PT, kedepannya diharapkan pelayanan kemasyarakat akan semakin baik dan cepat," ungkapnya.

Gatot menambahkan, pada awalnya BPR bank daerah Tulungagung dengan modal dasarnya sebesar Rp 26 miliar, namun saat ini telah ditingkatkan  menjadi Rp 50 miliar yang dilayani oleh 13 Kantor Kas, serta ditargetkan dalam dua tahun kedepan seluruh Kecamatan di Kabupaten Tulungagung akan dibuka kantor kas.

"Karena untuk membuka kantor cabang dibutuhkan modal yang sangat besar sehingga harus diperhitungkan keuangan kas kita ,"terangnya

BPR bank daerah Tulungagung setiap tahunnya mengalami peningkatan setoran untuk pendapatan asli daerah, pada tahun 2014 silam setoran PAD Rp 860 juta dan pada tahun 2018 meningkat tajam menjadi sebesar Rp 2,2 miliar dan pada tahun 2019 ini ditarget menjadi sebesar Rp 2,5 miliar.(Sar/adv)