Jalan Penghubung Tapsel - Taput, Kondisinya Rusak Parah

Iklan Semua Halaman

.

Jalan Penghubung Tapsel - Taput, Kondisinya Rusak Parah

Sku Metropolitan
Sabtu, 19 Januari 2019


TAPUT, METRO- Kondisi jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Tapanuli Selatan dan Tapanuli Utara, tepatnya di Batu Jomba, rusak parah.


Antrean kendaraan kembali mengular beberapa kilometer. Akibatnya, petugas kepolisian melakukan sistem buka tutup jalan.

Di satu titik, terlihat kondisi jalan sudah begitu parah. Ruas badan jalan yang dapat dilalui hanya sekitar tiga meter, cukup untuk dilintasi satu unit kendaraan roda empat.

Di samping itu, ruas jalan ini tampak begitu membahayakan karena langsung berada di tepi jurang. Kondisi jalan yang berlumpur dan tanah yang lembek kian menyulitkan kendaraan yang melintas.

"Sangat bahaya, makanya harus pandai sopir yang mengendarai kalau melintas di sini. Lihatlah, jalannya lumpur, habis itu sebelahnya jurang, rawan sekali longsor," ujar seorang sopir, Tobing saat menunggu antrean kendaraan, Sabtu (12/1/2019).

Sopir angkot Tarutung- Padang Sidempuan ini mengaku sudah lama mengantri. Sejak akhir taahun hingga awal tahun 2019, banyak kenderaan yang melintasi jalur ini, mengakibatkan antrian panjang.
Tobing mengatakan, kondisi jalan ini sudah sedemikian rupa rusaknya sejak dulu. Meski sempat diperbaiki, jalan akan kembali rusak beberapa waktu kemudian.

"Karena katanya tanah di daerah ini bergerak, jadi jalannya rusak terus," katanya.
Dia mengatakan, kondisi nii sangat merugikan para sopir angkot dan bus seperti dirinya. Apalagi kondisi jalan sangat membahayakan karena berada tepat di sisi jurang, ujarnya.

Pengamatan Metro, telah dimulai pembangunan jalan baru di sebelah atas jalan yang rusak. Sejumlah warga juga tampak memanfaatkan kondisi ini dengan mengutip uang kepada pengemudi. (dpt).