Jokowi Tekankan Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

Iklan Semua Halaman

.

Jokowi Tekankan Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

Sku Metropolitan
Sabtu, 05 Januari 2019


TRENGGALEK, METRO-  Setelah meresmikan sejumlah proyek Infrastruktur di Kabupaten Tulungagung, Jumat(4/1/2019) Presiden RI Joko Widodo, dihari yang sama melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Trenggalek.

Dalam kunjungannya di kabupaten Trenggalek,Jokowi melakukan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 yang digelar di Alun-alun Kota Trenggalek. Jokowi menekankan penggunaan Dana Desa harus tepat sasaran.  

Dihadapan ratusan Kepala Desa dan pendamping desa yang hadir, Jokowi menyampaikan penggunaan dana desa yang tepat sasaran menjadi kunci utama untuk membangun ekonomi kerakyatan di lingkup pedesaan. Bahkan Jokowi menyebut, perputaran uang realisasi pencairan dana dari APBN itu seharusnya dapat berputar di desa setempat dan jangan lagi kembali ke Jakarta.

"Misal infrastruktur jalan desa, jembatan, irigasi,embung dan lain sebagainya. Usahakan material dibeli dari desa itu sendiri,kalau misal harga satu sak semen selisih harga tiga ribu lebih mahal dari toko bangunan di luar desa tetap harus beli di toko di desa itu. ‌Kalau tidak ada, baru desa tetangga dan  maksimal lingkup kecamatan," ucapnya.

Alokasi dana desa di seluruh Indonesia setiap tahunnya terus bertambah.  Tahun 2016 lalu sebanyak 47 Triliun, tahun 2017 dan tahun 2018 sebanyak 60 triliun dan tahun 2019 sebanyak 70 triliun. Sedangkan untuk dana kelurahan di tahun 2019 sebanyak 3 triliun. 

"Dengan itu sampai saat ini sudah ada 191 ribu kilometer, 24 ribu posyandu, 50 ribu PAUD, 8.900 pasar desa, 58 ribu irigasi dan 4.100 embung di seluruh Indonesia. Yang sudah diberikan jangan sampai tidak terserap dan kembali ke Jakarta," imbuhnya. Melalui Dana Desa ini, diharapkan setiap desa bisa berinovasi. 

Lebih lanjut, Jokowi mencontohkan penggunaan Dana Desa, di sebuah wilayah Jawa Tengah. Di Desa Ponggok Kabupaten Klaten, mereka bisa mengelola Dana Desa dengan membangun tempat wisata yang mampu menghasilkan milyaran rupiah tiap tahunnnya.  

"Contoh Umbul Ponggok. Bayangkan penghasilannya bisa sampai 14 miliar dalam satu tahun. Kalau sudah seperti ini, warga masyarakat sendiri yang bakal merasakan manfaatnya,"terang Jokowi.

Usai memberikan sosialisasi, Presiden Joko Widodo kemudian bergegas menuju Masjid Agung Baiturrahman Trenggalek, untuk melaksanakan sholat Jumat. Setelah itu, Jokowi akan meninjau proyek Rest Area di waduk Nglinggis,kecamatan Tugu dan selanjutnya Presiden serta rombongan akan melanjutkan  kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo.(Sar).