Megahnya Anjungan Cerdas Waduk Nglinggis Trenggalek

Iklan Semua Halaman

.

Megahnya Anjungan Cerdas Waduk Nglinggis Trenggalek

Sku Metropolitan
Minggu, 20 Januari 2019


TRENGGALEK, METRO -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) saat ini telah menyelesaikan pembangunan proyek percontohan anjungan cerdas yakni di Desa Nglinggis ,kecamatan  Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pembangunannya dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek.
Pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselamatan berkendara, sekaligus mendorong bangkitan ekonomi baru. Konsep anjungan cerdas ini diadposi dari tempat istirahat pengguna jalan (rest area) di Jepang yang disebut Michino-E
pembangunan anjungan cerdas tersebut punya peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah, terutama melalui penyediaan infrastruktur yang berdampak langsung kepada masyarakat.
“Pembangunan  anjungan cerdas  ini patut diapresiasi, selain sebagai tempat istirahat para pengguna jalan yang sedang melintas juga bisa untuk berbelanja dan berwisata nantinya,semoga keberadaanya segera bisa dinikmati masyarakat," kata Darno warga Malang kepada Metropolitan saat sedang beristirahat disekitar lokasi.
Anjungan cerdas multifungsi ini digunakan sebagai tempat istirahat untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Selain itu akan terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung dan dikemas secara modern seperti tempat makan, ruang pertemuan, pusat informasi, gerai ATM, ruang terbuka hijau, amphi teater, dan sarana edukasi. Terdapat juga fasilitas gedung untuk mempromosikan komoditas lokal dari UMKM serta ruang informasi infrastruktur di wilayah sekitarnya.
Anjungan Cerdas Tugu dipilih karena berada pada jalur terpanjang di jalan lintas selatan Jawa yakni dari Yogyakarta-Trenggalek-Malang dan Yogyakarta-Trenggalek-Surabaya. Tak hanya menyediakan tempat beristirahat, anjungan ini akan menyuguhkan pemandangan indah Bendungan Nglinggis,kecamatan Tugu yang saat ini masih tahap pengerjaan.(Sar)