Plt.Bupati Bekasi Resmikan Pembagunan Puskesmas Cibatu.

Iklan Semua Halaman

.

Plt.Bupati Bekasi Resmikan Pembagunan Puskesmas Cibatu.

Rabu, 30 Januari 2019

METRO, BEKASI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, meresmikan pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Selasa (29/1/2019).

"Pembangunan puskesmas yang menelan anggaran mencapai Rp.5 Miliar ini, diharapkan dapat membantu melayani kesehatan bagi warga sekitar Desa Cibatu," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bekasi, Sry Enny.

Sry Eny menerangkan, dalam waktu dekat nantinya Puskesmas ini akan ditambahkan beragam fasilitas penunjang. Salah satunya adalah ruang rawat inap.

"Kalau untuk Puskesmas ini memang belum bisa rawat inap, kedepannya mungkin akan kearah sana. Karena memang selain kita harus siapkan sarana dan prasarana kita juga harus siapkan personilnya jadi kita masih berproses ke sana," terangnya.

Dari 44 puskesmas di Kabupaten Bekasi, ia mencatat baru 11 puskesmas yang sudah memiliki fasilitas rawat inap, namun sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 akan dilakukan penambahan, termasuk penambahan satu unit RSUD.

Sementara itu, Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengapresiasi keberadaan puskesmas ini. Ia berharap puskesmas ini dapat menjadi corong terdepan dalam melayani masyarakat dibidang kesehatan.

Keberadaan puskesmas ini, kata Eka, dirasa sangat penting, terutama dalam mengurai kepadatan pasien yang dilayani di RSUD Kabupaten Bekasi

"Karena di RSUD sudah lumayan padat jadi perlu ditopang oleh puskesmas puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi," tuturnya.

Namun demikian, bila merujuk pada RPJMD, peningkatan sarana kesehatan dirasa kurang optimal, sehingga ia berpendapat bila memungkinkan akan dilakukan perubahan.

"Perubahan RPJMD bisa saja dalam 2 tahun ini ada revisi RPJMD. Kita juga melihat situasi bila memungkinkan ya kita rubah supaya cepat dibangun puskesmas puskesmas atau RSUD di Kabupaten Bekasi sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," jelasnya.

Selain itu, ia berharap juga peran serta pengusaha di Kabupaten Bekasi untuk memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang kesehatan.

"Harapan kita, selain menggunakan dana APBD kita juga berharap partisipasi dari pengusaha dalam rangka membangun Kabupaten Bekasi dalam bentuk CSR," tandasnya.(Ely)