Karyawan Dealer Tipu Konsumen

Iklan Semua Halaman

.

Karyawan Dealer Tipu Konsumen

Rabu, 27 Februari 2019



TRENGGALEK, METRO-- Wanda Kurniawan (28), warga Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, diringkus polisi pada hari Kamis, (21/2/2019), di jalan pulau Belitung, Kota Denpasar, Provinsi Bali beserta barang bukti berupa satu lembar kuitansi.

Wanda Kurniawan ditangkap Satreskrim Polres Trenggalek setelah korban melapor. Setelah pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti, Wanda terbukti menggelapkan uang konsumennya sebesar Rp 19.700.000,-
Uang itu diberikan korban kepada pelaku untuk pembelian satu unit motor merk Honda Vario CBS, dimana pelaku bekerja sebagai karyawan dealer tersebut, tapi kenyataannya digunakan pelaku untuk keperluan pribadi.
Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo, menjelaskan, penggelapan itu berawal saat korban datang ke dealer sepeda motor dan bertemu dengan pelaku pada tanggal 3 September 2017 lalu. Korban sudah melunasi pembayaran satu unit motor tersebut.
"Saat itu pelaku berjanji akan segera mengirimkan sepeda motor tersebut kepada korban," ujar Didit
Namun setelah ditunggu selama beberapa hari, sepeda motor yang dijanjikan pelaku tak kunjung dikirim bahkan uangnya tak juga dikembalikan ke korban. 
Bahkan setelah melunasi pembayaran, nomor telepon tersangka tidak aktif lagi. Korban sempat mendatangi kembali ke dealer, tetapi ternyata pelaku sudah tidak lagi bekerja di sana.
"Setelah proses pelunasan, pelaku mengundurkan diri dari dealer itu," tambah Kapolres Trenggalek
Dari hasil penyelidikan, diketahui posisi pelaku berada di Bali dan ditangkap di Pulau Dewata.
Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan atau penggelapan  dengan ancaman penjara empat tahun. (Sar).