Lampung Utara Targetkan 20 Ribu Lebih Sertipikat Tanah PTSL

Iklan Semua Halaman

.

Lampung Utara Targetkan 20 Ribu Lebih Sertipikat Tanah PTSL

Sabtu, 02 Februari 2019



LAMPURA, METRO- Kantor Pertanahan Nasional Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Lampung Utara, menargerkan 20 ribu lebih sertipikat tanah Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) rampung di 2019. Untuk itu, BPN meminta dapat membuka pelayanan di masing-masing kantor kelurahan/desa.


Menurut Ketua Tim PTSL BPN Lampung Utara, Masli Chaniago, pihaknya kini tengah menempuh berbagai cara untuk mencapai target itu. Di antaranya melakukan sosialisasi dan pertemuan dengan masyarakat. "Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan tanahnya diharapkan segera memenuhi kelengkapan dan syarat yang ditentukan," kata Masli Chaniago pada sosialisasi PTSL di Gedung Adat Sesat Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kamis (31/1/2019).

Pada kesempatan itu, Masli menyampaikan, Program PTSL 2019 ini mendapat repon tinggi dari masyarakat Lampung Utara khususnya terkait legalitas kepemilikan tanah. Dia mencontokan dari 600 pengajuan PTSL di Kelurahan Kota Alam, bertambah menjadi 1.000 lebih.

"Dengan bertambahnya pendaftaran, berarti program ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat yang menginginkan legalitas tanah yang sah. Bahkan program ini berjalan selama satu bulan terakhir dan disosialisasikan ke beberapa desa," kata Masli.

Di sisi lain, Lurah Kota Alam, Felix Sulandan, menyampaikan pihaknya sangat mendukung kesuksesan PTSL 2019. Bagi masyarakat Kelurahan Kota Alam diminta segera melengkapi persyaratan. Seperti legalisir fotokopi KTP, kartu keluarga masing-masing dua lembar, dan fotokopi surat penguasaan lahan. "Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan tanahnya pada Program PTSL ini, segera memenuhi kelengkapan dan syarat yang ditentukan," ujar Felix Sulandana.(Jumeri)