Literasi Digital Bakal Disiapkan di Perpustakaan Daerah

Iklan Semua Halaman

.

Literasi Digital Bakal Disiapkan di Perpustakaan Daerah

Kamis, 21 Februari 2019



BEKASI, METRO - Menyambut era Revolusi Industri 4.0 yang serba dengan di gitalisasi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengatakan, pihaknya saat ini untuk sarana dan prasarananya tengah berproses kearah sana sarana dan prasrananya.

"Kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat yakni, perpustakaan nasional (perpusnas), dengan menggunakan aplikasi, namanya kunang-kunang yang berkaitan dengan digitalisasi perpustakaan bahkan ANRI (Arsip Nasional Republik Indinesia ) sudah mempersiapkan juga,"ujarnya di wawancarai, Senin (18/2/2019)

Menurutnya, digitalisasi juga akan di terapkan di sejumlah, baik itu perpustakaan daerah maupun perpustakaan di tingkat pusat. Bahkan Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan menerapkan di gitalisasi literasi di beberapa perpustakaan yang ada di wilayah Cikarang Selatan dan Cikarang Utara, nantinya bekerjasama dan langsung nge link Pemerintah Propinsi Jawabarat dan Perpustakaan Nasional kayak model E-book yang terkoneksi jaringan daerah dan pusat.

"Literasi digital sebenarnya sudah harus sudah masuk dalam kurikulum pendidikan dengan memuat isi muatan lokal, siswa sekolah juga berkewajiban mengakses pelajaran muatan lokalnya melalui literasi digital di perpustakaan sekolah,"kata dia.

Muatan lokal sebaiknya dimasukan dalam kurikulum, sehingga mau tidak mau menjadi kewajiban siswa untuk tetap menguasainya. Semisal, ketika siswa mau lulus, dianya sudah membaca banyak berapa buku atau seperti di sekolah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)  yang mewajibkan siswa harus khatam berapa surat Quran."sambung dia.

Program literasi digital tambah Dedi, pihaknya berharap, ada koordinasi dan kerjasama dengan sejumlah dinas diantaranya, Dinas Pendidikan, Diskominfosantik, Inspektorat, pemerhati, serta beberapa komunitas yang ada. (Ely/Martinus).