M Thamrin Buka Lomba Pendidikan Kecamatan Cipayung

Iklan Semua Halaman

.

M Thamrin Buka Lomba Pendidikan Kecamatan Cipayung

Sabtu, 16 Februari 2019

Para Kepala Sekolah Cipayung Memainkan Angklung Tanda Lomba Pendidikan Kecamatan Cipayung Dimulai


DEPOK, METRO- Pembukaan Lomba Pendidikan Tingkat SD Kecamatan Cipayung, Depok di Buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok M.Thamrin di SDIT Mawadah Kp. Utan Jaya. Dengan ditandai dengan memainkan alat musik angklung oleh para Kepala Sekolah secara serempak yang dipimpin langsung Kadisdik, Sabtu (16/2).

Dihadiri ratusan para undangan Camat Cipayung, Asep Rahmat, K3S SD Kecamatan Cipayung Mujaya Spd, Ketua PGRI Cipayung Rojali Spd, para kepala sekolah, Dewan guru Cipayung serta guru-guru pembimbing dan guru-guru olahraga.

Juanda Mpd, panitia yang juga Kepala sekolah Cipayung 3 mengatakan, lomba-lomba Pendidikan ini terdiri dari Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olympiade Saint Nasional (OSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olympiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), Pasanggiri dan Loketa.

“Khusus O2SN mempertandingkan 9 Cabang Olah Raga yaitu, Atletik, Renang, Tae Kwon Do, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Catur, Karate, Tenis Meja, dan Senam. Dari 9 cabang olahraga yang di pertandingkan hanya 6 cabang yang resmi dari Kementerian Pendidikan yaitu Atletik, Renang, Pencak Silat, Bulu Tangkis dan Karate.” Ujar Juanda menerangkan.
Sementara 3 cabang olah raga ajang O2SN yang dipertandingkan adalah cabang olahraga tambahan yang merupakan inisiatif dari pemerintah Kota, karena dianggap ketiga cabang olahraga tersebut (Taekwondo,Tennis meja dan catur) sangat diminati anak-anak setingkat Sekolah dasar, sehingga penting untuk dikutkan untuk di perlombakan meskipun hanya tingkat Kota.
“Meski tidak ada ketiga cabang olahraga itu untuk O2SN tingkat Provinsi Jawa Barat, tetapi nantinya siswa yang berprestasi di tiga cabang olahraga tambahan tersebut tetap akan mendapat sertifikat prestasi.” Sambungnya.

Untuk lomba OSN melombakan Matematika dan IPA, setiap sekolah wajib mengirimkan 4 orang perwakilan yaitu 2 orang untuk matematika 2 orang untuk IPA.
Masih kata Juanda,sebanyak 28 sekolah yang ikut ambil bagian dalam perhelatan lomba pendidikan di Kecamatan Cipayung yaitu 15 SD Negeri dan 13 SD Swasta. “Setiap sekolah wajib mengirimkan atlet-atletnya,tidak ada lagi seleksi lewat gugus seperti tahun-tahun lalu dan guru pelatih ada yang direkrut dari luar seperi pelatih silat, karate,.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok M.Thamrin dalam sambutan pembukaan acara mengatakan agar menjadikan lomba ini untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya khususnya di bidang olahraga, seni dan budaya.Pengembangan bakat dan minat bukan saja dari akademik namun berkaitan juga dengan olahragaseni,dan nilai menguatan nilai karakter
Kami himbau kepada panitia dan dewan juri diharapkan jujur,sportif dalam menilai,kita ingin  yang terbaik yang menjadi juara bukan karena pilihan juri .semoga atlet – atlet dari kecamatan Cipayung ini bisa membawa yang terbaik yang mewakili Depok nantinya maju ke tingkat provinsi ataupun tingkat nasional,
Terkait lomba O2SN ada Sembilan cabang yang dilombakan tiga diantaranya yaitu taekwondo,catur,dan tenis meja adalah cabang olahraga tambahan yang merupakan inisiatif dari pemerintah kota ( Pemkot ) karena di anggap ketiga cabang olahraga tersebut sangat di minati anak anak tingkat sekolah dasar\
Masih kata Thamrin, “Untuk cabang Loketa provinsi Jawa Barat menunjuk kota Depok sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan lomba Loketa tingkat provinsi Tahun 2020. ( Jalampong R).